Mungkin beberapa orang masih bingung mengenai perbedaan kaertu kredit dan debit tersebut. Tetapi selain 2 kartu tersebut, juga terdapat kartu ATM. Untuk itu aku buatkan artikelnya. Inti dari perbedaan tersebut adalah terletak pada penggunaannya. Ayo kita lihat langsung perbedaannya di bawah ini :

Kartu ATM

Kepanjangan dari ATM sendiri adalah Automatic Teller Machine. Jenis kartu ATM dapat digunakan untuk mengecek saldo, menarik uang, setoran tunai, transfer dana dengan bank yang sama atau pun dengan bank yang berbeda, melakukan pembayaran (seperti telepon, air, listrik, asuransi, cicilan, dan lain-lain sesuai pelayanan yang disediakan oleh bank yang bersangkutan).

Kartu Debit

Kartu debit memiliki fungsi yang sama seperti Kartu ATM, tetapi kartu debit memiliki kelebihan tambahan. Kelebihan tersebut adalah dapat digunakan sebagai alat pembayaran saat kita berbelanja dengan menggesekkan kartu debit kita di mesin EDC (Electronic Data Capture). Lebih jelasnya, saat kartu debit digesekkan, maka akan diinputkan nilai nominal yang akan di debet (dipotong pada uang tabungan yang terdapat di rekening), lalu memasukkan PIN kartu debit.

kartu debit

Kartu Debit Mandiri Co Brand dan Debit BNI Silver

Bila benar, maka akan di sesuaikan nilai nominal dengan saldo yang terdapat di rekening. Jika saldo mencukupi, proses debet dilakukan dan disusul dengan dicetaknya bukti pendebetan dana sesuai dengan nominal yang telah dimasukkan. Bila saldo tidak mencukupi, maka akan tampil di layar dan dicetak bahwa transaksi ditolak. Biasanya, misalkan menggunakan kartu debit Bank A, lalu kartu debit digunakan di Bank A, maka tidak dikenai biaya tambahan. Bila kartu debit Bank A di gesek di mesin EDC Bank Lain, ada beberapa yang mengenakan biaya tambahan dengan rentang Rp 6.500 – Rp 7.500 (sesuai dengan biaya yang telah ditentukan). Biasanya hal ini akan diinformasikan oleh kasir kepada kita.

Kartu Kredit

Fungsi kartu kredit hampir sama dengan kartu debit, yaitu dapat melakukan pembayaran non-tunai. Perbedaannya adalah bila menggunakan kartu debit, pembayaran dengan cara memotong saldo yang telah ada di rekening. Sedangkan menggunakan kartu kredit, pembayaran dilakukan dengan cara berhutang dengan bank yang digunakan, otomatis saat membayar pada bank akan dikenakan bunga dengan persentase yang telah ditentukan oleh bank yang bersangkutan. Tagihan dibayar setiap bulan, rinciannya akan diberikan oleh pihak teller.

kartu kredit

Kartu Kredit BCA Visa Batman dan BNI Gold Affinity WWF

Nah sudah jelaskan? Kalau berdasarkan pengalaman saya, saya pernah punya kartu ATM dan Kartu Debit. Kartu ATM biasa saya gunakan rekening tersebut untuk menyimpan dana yang sangat kecil peluangnya untuk saya gunakan. Sedangkan kartu debit saya gunakan di rekening tersebut untuk dana yang bisa saya belanjakan langsung pada beberapa supermarket. Kenapa aku lebih memilih berbelanja menggunakan kartu debit? Tujuan berbelanja dengan non tunai adalah untuk menghindari uang palsu. Kalau alasan pribadiku sih agar terhindar uang palsu dan uang robek atau receh. Misalkan berbelanja sebesar Rp 234.560, maka yang akan di debet sesuai dengan angka tersebut. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang receh.

Manakah yang Paling Baik?

Kalau menurutku, tidak ada yang paling baik di antara semua jenis kartu ini. Bagi aku, semuanya sangat penting. Contohnya saja memiliki kartu ATM, aku gunakan untuk menyimpan dana yang tidak bisa dibelanjakan, dengan tujuan untuk di tabung. Sedangkan memiliki kartu Debit dan kartu Kredit aku gunakan ketika berbelanja atau membeli tiket atau hotel yang bisa aku ubah ke program cicilan. Tetapi yang harus diingat ketika memiliki kartu kredit adalah bijak dalam menggunakannya. So, setelah membaca artikel yang aku buat ini bagaimana dengan kalian? πŸ™‚

Baca Juga : Kartu Debit Mandiri Garuda