Hai Gesss, kali ini aku akan membahas mengenai Tabungan Rencana salah satu Bank yang ada di Indonesia. Ada beberapa alasan kenapa aku membuka Tabungan Rencana dan kali ini akan ku paparkan di sini. Mulai dari alasannya, cara membuat Tabungan Rencana, dan keuntungan apa saja yang bisa di dapat dari Tabungan Rencana. Tapi sudah pada tahu belum apa itu Tabungan Rencana?

Tabungan Rencana adalah tabungan yang mewajibkan nasabahnya untuk menyimpang uang dengan nominal tertentu setiap bulannya selama jangka waktu tertentu yang dimana jangka waktunya telah ditentukan oleh nasabahnya sendiri. Sehingga dengan Tabungan Rencana ini, nasabah menjadi lebih disiplin untuk menabung secara rutin. Kali aja kalian juga ngikutin buat nabung dengan Tabungan Rencana juga di Bank lain tempat kalian menabung yah πŸ™‚

Alasan Membuat Tabungan Rencana

Alasan pertamaku untuk membuka Mandiri Tabungan Rencana adalah berawal dari keisengan heheh. Ini seriusan iseng loh ! Tetapi dari keisengan ini, menurutku ini bisa membawa dampak baik bagi diri sendiri. Apalagi Tabungan Rencana itu baru bisa cair pada jangka waktu tertentu sesuai yang telah kita pilih. Lumayan kan kalau misalnya kalian punya rencana buat travelling tahun depan, biar tabungannya benar-benar ada, mending menggunakan tabungan rencana. Selain itu, bunga tabungan rencana lebih besar dari tabungan biasa di bank.

Memilih Tabungan Rencana

Sebelum aku memilih untuk di Bank mana untuk membuka Tabungan Rencana, aku melakukan survey terlebih dahulu ke beberapa bank. Beberapa bank tersebut memang aku memiliki tabungan di sana, karena tabungan rencana sistemnya menggunakan auto debet. Jadi misalkan kita ingin untuk membuka Tabungan Rencana dan kita belum punya tabungan biasa di bank tersebut, jadi kita harus buka tabungan dulu. Aku melakukan beberapa survey pada Bank Mandiri, BNI, dan BCA. Aku mencari beberapa informasinya langsung di website resmi mereka mengenai tabungan rencana.

Baca Juga : Perbandingan Tabungan Berjangka Beberapa Bank

Keuntungan Tabungan Rencana

Keuntungan-keuntungan yang di dapat dari membuat Tabungan Rencana yang pertama adalah dengan fasilitas auto debet dari rekening. Hal ini sangat mempermudah setoran kita ke rekening tabungan rencana, dan tanggalnya sudah di tentukan setiap bulannya. Jadi kita tidak perlu repot-repot ke bank untuk melakukan setoran tunai karena sudah secara otomatis di debet dari rekening yang kita miliki.

Keuntungan yang kedua adalah kontrak jangka waktu yang bisa kita tentukan sendiri. Hal ini membuat kita lebih konsisten untuk menabung dan memiliki waktu yang jelas kapan kita menerima semua uang yang telah kita simpan di Tabungan Rencana. Jangka waktu tersebut bisa kita pilih sendiri misalkan yang paling cepat adalah 1 tahun. Jangka waktu ini juga cocok untuk menabung yang sesuai kebutuhan seperti keperluan sekolah anak atau travelling ke luar negeri.

Keuntungan yang ketiga adalah bunga yang di dapat pada tabungan rencana lebih besar bila dibandingkan dengan bunga yang terdapat pada tabungan biasa. Bunga yang di tawarkan pada setiap bank juga berbeda-beda. Sehingga sekarang kita tinggal pintar memilih saja, akan membuka tabungan rencana di bank mana yang kita percayai. Keuntungan yang keempat adalah mendapatkan asuransi. Ketika kita membuka tabungan rencana, secara otomatis juga dibukakan asuransi jiwa oleh perusahaan yang bekerja sama dengan bank tersebut.Β Dengan asuransi jiwa, kita tidak perlu khawatir bila meninggal dunia maka pihak bank akan menanggung kewajiban setoran sebanyak bulan tersisa.

Cara Membuka Tabungan Rencana

Cara membuka tabungan rencana pun sangat mudah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah dana setoran pertama dan penentuan setoran bulanan. Misalkan saja IDR 100.000 per bulan. Setelah itu tentukan jangka waktu yang diinginkan, misalkan 1 tahun. Kemudian memilih cara pembuatan tabungan rencana dengan langsung mengunjungi kantor cabang bank terdekat atau secara online. Kalau aku lebih memilih secara online karena caranya yang sangat mudah banget. Dengan login ke internet banking dan langsung membuka tabungan rencana. Bila semua persyaratan telah terpenuhi dan pembuatan rekening tabungan rencana berhasil, baca peringatan secara seksama. Misalkan seperti Bank Mandiri, untuk pencetakan polis harus mengunjungi kantor cabang dengan membawa identitas diri dan buku tabungan.

Setelah sertifikat tercetak dari pihak Customer Service Bank, simpanlah baik-baik dan pada sertifikat tersebut juga telah diberikan informasi tanggal berlakunya asuransi tersebut dan tanggal jatuh temponya. Bila tabungan rencana telah sampai pada tanggal jatuh tempo, maka uang tersebut secara otomatis akan masuk ke rekening kita. Sangat mudah bukan? Semoga artikel ini bisa jadi pertimbangan sebelum membuka tabungan rencana yah πŸ™‚