Kali ini aku akan bahas salah satu rekening dengan bebas biaya administrasi bulanan, tanpa setoran awal, tidak ada saldo mengendap, gratis tarik tunai dan transfer yang dimiliki oleh Rekening Jenius dari Bank BTPN. Aku lupa awalnya aku dapat info ini dari mana. Pokoknya langsung aja aku buka websitenya dan membaca segala fitur-fiturnya. Yang menjadi poin penting dalam mengambil keputusan adalah gratis transfer ke bank lain. Apalagi syarat pembuatan rekeningnya melalui download aplikasi Jenius dari App Store atau Play Store.

Kelebihan dan Fitur Rekening Jenius dari Bank BTPN

1. Fitur Send It

Fitur Send It ini digunakan untuk transfer dana ke sesama rekening Jenius, antar bank, maupun pembayaran tagihan. Pengiriman dana selain menggunakan nomor rekening, juga bisa menggunakan $cashtag, e-mail, atau nomor telepon lho. Selain itu, untuk jenis pembayaran tagihan seperti asuransi, telepon, listrik, air, internet, TV, dan pulsa juga bisa. Bahkan kamu juga bisa membuat jadwal pembayarannya.

2. Fitur In & Out

Fitur In & Out ini berguna untuk melihat histori keluar masuknya dana di rekening Jenius. History bisa di filter berdasarkan kategori, rentang waktu, tipe, dan besarnya nilai transaksi yang dilakukan. Histori transaksi ini juga bisa di download dimana histori tersebut akan dikirimkan melalui email.

3. Fitur Pay Me

Fitur Pay Me ini sangat berguna ketika kita memerlukan bantuan dana dari orang lain dan syaratnya adalah teman kita memiliki rekening Jenius juga jika menggunakan $Cashtag. Selain itu juga bisa menggunakan nomor telepon maupun email.

4. Fitur Save It

Fitur Save It ini salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh rekening Jenius. Fitur ini membantu kita untuk menabung sesuai dengan kebutuhan. Save It terbagi menjadi 3, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Flexi Saver memiliki bunga 5% per tahun yang dapat ditarik maupun disetor sesuka kita, dimana tanpa biaya administrasii, tanpa biaya penalti, dan tidak terikat periode waktu tertentu. Tabungan Dream Saver ini cocok bagi kita yang ingin menarget jumlah tabungan dengan setoran harian/mingguan/bulanan. Kita bisa menarget jumlah uangnya atau pada waktu tertentu. Yang terakhir yaitu Maxi Saver merupakan deposito dengan minimal dana sebesar 10 juta rupiah dengan bunga 5.75% per tahun. Tenor yang tersedia dari 1 hingga 12 bulan.

fitur rekening jenius

Source : https://www.jenius.com/

5. Fitur Split Bill dan Card Center

Fitur Split Bill ini digunakan ketika kamu ingin membagi pembayaran suatu tagihan dengan teman atau keluarga. Permintaan yang dibuat akan dikirimkan melalui notifikasi Jenius App bagi sesama nasabah Jenius, sedangkan permintaan akan dikirim via e-mail dan SMS bagi bukan nasabah Jenius. Untuk Card Center, disini kamu bisa blokir maupun buka blokir kartu debit, request kartu debit tambahan gratis (ada batas maksimumnya), dan mengatur dana untuk semua kartu debit. Selain itu juga ada e-card, yang berfungsi untuk transaksi online dan tidak memiliki kartu kredit, nah e-card Jenius solusinya.

6. Gratis Tarik Tunai dan Transfer Online antar Bank

Ini yang menjadi pendukung keputusan terkuat ketika aku mau membuka rekening Jenius. Gratis tarik tunai di semua ATM bersama dan transfer online antar bank. Walaupun di batasi kuota nya masing-masing 25 kali dalam sebulan, setidaknya itu bisa menghemat Rp 7.500 ketika aku ingin transfer dana ke rekening bank lain. Apalagi tarik tunai, kadang ribet juga kalau musti cari ATM bank tertentu agar tidak terkena potongan biaya tarik tunai. Rekening seperti ini benar-benar menguntungkan banget deh bagiku.

7. Tanpa Setoran Awal, Administrasi Bulanan, dan Saldo Mengendap

Kalau bank lain, biasanya ditentukan setoran awal dengan nominal tertentu. Sddangkan Jenius tidak membuat syarat seperti itu. Yang paling penting adalah tidak adanya saldo mengendap. Beberapa rekeningku di bank lain, ada yang saldo mengendapnya Rp 100.000, Rp 10.000, dan Rp 50.000. Dengan rekening ini, kita juga bisa hemat administrasi bulanan yang biasanya di bank lain akan dikenakan biaya antara Rp 8.000 sampai Rp 20.000 tergantung jenis rekening dan kartu debit yang dipilih. Selain rekening Jenius, juga ada bank lain yang menerbitkan rekening seperti ini, silahkan di baca di postinganku lainnya yah.

8. Pembukaan Rekening yang Simple

Biasanya kita buka rekening dengan pergi ke bank, mengisi banyak form dan mengantre, membuka rekening Jenius cukup dengan download Jenius App di PlayStore maupun AppleStore. Siapkan e-KTP dan NPWP untuk pengisian data yang dibutuhkan. Setelah proses pengaktifan selesai, tinggal tunggu saja kartu debit akan dikirimkan ke alamat yang kamu pilih. Aktifkan melalui Jenius App dan kartu debit siao digunakan.

Syarat Pembuatan Rekening Jenius

  1. Download aplikasi Jenius di smartphone.
  2. Siapkan e-KTP dan NPWP (bagi yang memiliki NPWP)
  3. Aktivasi rekening dapat dikunjungi oleh petugas bank maupun datang ke Bank BTPN.
  4. Kartu debit dikirim ke alamat yang dipilih.
  5. Aktifkan kartu melalui Jenius App.
rekening jenius

Source : https://www.jenius.com/

Kekurangan Rekening Jenius

Semua hal pasti ada kekurangannya, menurutku ada beberapa kekurangan dari Rekening Jenius. Pertama, karena aku tinggal di Bali, belum ada ATM Setoran Tunai Jenius disini. Sedangkan di Jawa sudah ada ATM Setoran Tunai. Jadi aku harus ke Bank BTPN, karena malas juga ke bank, jadinya harus transfer dari rekening bank lain dan akan dikenakan biaya tambahan. Tetatpi kebetulan ada promo dari Jenius, setiap senin bila transfer dari bank lainnke Rekening Jenius, maka mendapat cashback sebesar biaya transfer tersebut. Wahhh gak jadi rugi kan yah hehehe.

Yang kedua, gratis transfer dana dan tarik tunai dibatasi 25 kali perbulannya. Sedangkan rekening bank lain yang sejenis dengan Jenius menawarkan transfer dana antar bank dan tarik tunai tanpa batasan. Tetapi berdasarkan user interface dari aplikasinya, aku lebih seneng sama Jenius. Walau simple tapi enak dan nyaman di pandang mata hehehe. Yah intinya setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya kan, dan aku pakai dua-duanya kok hahahahaha 😁

 

Nah itu dia pembahasan rekening Jenius yah. Moga bisa bantu bagi kamu yang belum punya rekening dan mau buka rekening tapi bingung pilih di bank mana. Bisa ini dijadiin pertimbangan kamu. Tapi boleh juga dibaca di postinganku berikutnya yah. Bakalan bahas beberapa rekening yang bebas administrasi dengan fitur yang berbeda. Gak cuma itu aja, rekening bank lain bahkan Jenius juga ada fitur cashback, diskon, dan lainnya loh. Jadi carilah rekening yang memberikan keuntungan yang kamu butuhkan ya. Bila kamu jadi memilih rekening Jenius, jangan lupa masukkan $niiapanpan di bagian referensi atau undangannya yah, selamat menabung guys 😄