Biasanya membuat NPWP dengan datang langsung ke kantor pajak terdekat, tetapi sekarang semuanya sudah bisa dilakukan dengan online. Bagi yang belum memiliki NPWP, yuk daftar membuat NPWP Online. Caranya sangat mudah, siapkan scan/foto e-ktp dengan format .jpeg dan tidak boleh lebih ukurannya dari 1 MB.

1. Buka Website NPWP Online

Buka link Registrasi Pajak , bagi yang sudah memiliki akun registrasi silahkan langsung saja memasukkan email / username, password, dan captcha.

NPWP Online

Halaman Depan Website Pajak

2. Pembuatan Akun

Bagi yang belum memiliki akun, silahkan klik pada Daftar untuk membuat NPWP Online. Masukkan alamat email dan masukkan kode captcha. Pastikan email yang kamu gunakan tersebut aktif ya. Setelah semua di inputkan dengan benar, pilih Daftar. Lalu cek email untuk melakukan verifikasi email. Ikuti petunjuk yang terdapat di email tersebut. Setelah berhasil melakukan verifikasi, akan diminta untuk login dengan email/username dan password yang sudah didaftarkan.

NPWP Online

Form Pendaftaran Akun

3. Login Menggunakan Akun

Setelah berhasil login, maka pilih menu Permohonan, kemudian pilih submenu Permohonan NPWP. Bila kamu merupakan karyawan, pilih Orang Pribadi, bila memiliki usaha sendiri maka pilih Badan Usaha. Untuk penjelasan mengenai hal ini, silahkan kunjungi Website Resmi Pajak. Masukkan nama sesuai yang ada di KTP, bila nama pada KTP terdapat kesalahan, ada baiknya di urus terlebih dahulu pembenaran KTPnya. Masukkan informasi lainnya seperti pendapatan, alamat rumah, dan upload scan/foto e-ktp. Setelah semua selesai, pilih kirim Formulir. Pada Dashboard akan muncul status permohonan NPWP nya lengkap.

NPWP Online

Menu untuk permohonan NPWP

4. Token untuk Verifikasi

Klik Minta Token dan ikuti langkah verifikasinya melalui email. Setelah itu pilih Kirim Permohonan. Maka pada Dashboard akan muncul status bahwa Permohonan NPWP telah dikirim, dan menunggu admin dari pihak pajak untuk mengecek permohonan NPWP.

Permintaan Token NPWP Pajak

Permintaan Token

5. Bukti Permohonan NPWP

Bila permohonan NPWP telah diterima, maka pihak pajak akan mengirimkan email mengenai penjelasan bahwa NPWP telah diterima, disertakan username yang baru untuk login ke situs registrasi pajak (username baru sama dengan nomor NPWP tanpa tanda titik dan garis), dan kartu NPWP akan dikirim ke alamat rumah via pos.

Permohonan NPWP

Bukti Penerimaan Permohonan NPWP

6. Pengecekan Status Permohonan NPWP

Lalu login ke http://ereg.pajak.go.id dengan menggunakan username baru dan password tetap sama seperti sebelumnya. Karena status permohonan NPWP telah diterima, maka di Dashboard akan muncul status telah diterima.

Status Permohonan NPWP

Status Permohonan NPWP

7. Menerima Kartu NPWP

Waktu itu aku membuat NPWP Online sekitar pukul 09.30 AM WITA dan mendapatkan email pukul 04.00 PM WITA bahwa NPWP Online telah berhasil dibuat. Aku seneng banget ternyata membuat NPWP online sangat mudah dan cepat, untuk di approve hanya menunggu beberapa jam saja. Yang penting scan atau foto e-ktp nya harus jelas ya. Adapun beberapa tujuan membuat NPWP adalah pengurusan VISA, meminjam uang di bank, dan lain-lain. Kebetulan aku mencobanya karena memang belum memiliki NPWP dan diperlukan NPWP untuk membuat VISA Australia. Baru aja pak pos datang mengantarkan kartu NPWP. Jadi kartu NPWP sampai di aku setelah 2 hari dari mendaftar online. Sungguh cepat bukan?

Penerimaan Kartu NPWP

Penerimaan Kartu NPWP via Pos Indonesia

Setelah mendapatkan kartu NPWP, segera kunjungi Kantor Pelayanan Pajak penerbit kartu NPWPnya untuk aktivasi E-FIN. Syaratnya hanya dengan membawa KTP dan Kartu NPWP. Boleh membawa fotocopy-annya langsung atau bisa saat pengaktivasian langsung di fotocopy oleh petugasnya. Untuk itu yuk segera membuat NPWP ya, selamat mencoba dan semoga berhasil ๐Ÿ™‚

Baca Juga : Cara Membuat E-Paspor