Hello bloggers ! Kali ini aku akan membagi pengalaman yang tak akan pernah terlupakan selama hidupku. Bayar kelebihan bagasi sampai jutaan coy hahaha. Yah namanya juga enggak tahu kan? Yuk simak dulu yah cerita Biaya Kelebihan Bagasi Penerbangan. Kejadian ini terjadi pada tanggal 25 April 2013. Waktu itu aku sedang berada di Semarang karena ibuku wisuda untuk Program S3 di Universitas Diponegoro. Pulang pergi musti naik pesawat karena aku harus segera ada di Denpasar lagi untuk menyusul 2 Ujian Tengah Semester, yaitu Pemodelan Simulasi dan Pengantar Robotika.

Struk Biaya Kelebihan Bagasi Air Asia

Waktu itu aku memilih maskapai Air Asia dan Citilink untuk tujuan Semarang – Denpasar. Waktu itu penerbangan langsung hanya tersedia Wings milik Lion Air kalau enggak salah ya. Makanya aku pilih penerbangan transit, Semarang – Surabaya menggunakan Air Asia dan Surabaya – Denpasar menggunakan Citilink milik Garuda Indonesia. Kalau sekarang (Tahun 2017) sudah banyak ada penerbangan langsung Denpasar – Semarang – Denpasar.

Saat packing barang, aku dan keluarga memang sengaja menimbang sebelum keberangkatan. Kami juga mengetahui bahwa bagasi yang tersedia tidak cukup untuk membawa semua barang-barang milik ibuku. Sehingga kami mendapatkan angka 12 kg sebagai kelebihan bagasi. Entah aku salah searching di Google atau bagaimana ya, aku mendapatkan informasi bahwa kelebihan perkilonya hanya Rp 20.000. Jadinya aku tenang-tenang aja saat perjalanan ke Ahmad Yani International Airport.

Sesampainya di Check-In Counter, bener-bener belum ada perasaan gak enak kalau bakalan kena biaya yang begitu fantastis. Berikut percakapan yang aku ingat antara aku dengan Petugas Check-In Counter Air Asia Indonesia, pakai inisal P untuk Petugasnya :
P : Mbak, ini bagasinya lebih ya 12 kg.
A : Oh iya, berapa?
P : Per kg nya Rp 117.000,-
A : Berapa mbak? (Aku ngerasa aku salah denger gak ya?)
P : Rp 117.000,- mbak.
A : Totalnya berapa mbak? (seketika hati ini rasanya jleeebbbb…)
P : Totalnya Rp 1.404.000,-

Waktu itu aku kaget banget, dan bahkan sampai di Boarding Room masih bengong gak jelas dah. Aku waktu itu sampai membeli minuman kesenanganku yaitu Milo Ice, tetep enggak bisa membuat diriku lebih tenang. Dalam perjalanan juga enggak bisa tidur sama sekali. Setibanya aku di Juanda International Airport Surabaya, kami kembali lagi ke Check-In Counter Citilink. Disana terlihat bahwa informasi kelebihan bagasi per kg nya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,- (inget ya ini pada tahun 2013, untuk update lebih lanjut silahkan menghubungi maskapai masing-masing yah). Dibandingkan dengan Air Asia mengenakan biaya Rp 117.000 per kg nya.

Baca Juga : Trip to Malaysia 5D4N

Setelah mengalami kejadian itu, aku dan keluarga lebih memilih beli bagasi lebih banyak di awal pemesanan tiket ketimbang kena pada saat penyerahan bagasi. Karena biayanya lebih mahal ketimbang kita merencanakan bagasi kita dari awal. Karena hal ini, kemarin aku dan ibu berlibur ke Malaysia lebih memilih membeli bagasi langsung sebesar 25kg per orang untuk sekali perjalanan, padahal yang digunakan hanya 20kg saja. Lebih baik kelebihan daripada kekurangan yang akan mengeluarkan banyak biaya, kan? πŸ™‚