Kalian pernah enggak punya file, misalkan seperti file word maupun excel dengan informasi yang ada didalamnya yang bersifat rahasia? Kalau aku pribadi sudah pasti ada dong file-file yang seperti itu. Mungkin ada beberapa dokumen penting yang bisa diberikan kunci atau password, seperti diary. Dulu kan masih menulis biasa diary, tapi mungkin aja sekarang buat diary nya di dokumen. Atau mungkin seperti file keuangan juga bisa. Bagaimana cara memberikan password pada file? Yuk simak dulu caranya di bawah ini ya :

Langkah-Langkah Memberi Password pada File

Misalkan file yang ingin diberikan password adalah file Ms. Word. Maka buka dulu aplikasi Ms. Word telebih dahulu. Boleh ketikkan data sembarang dulu atau kosongan saja. Lanjutkan langkah untuk menyimpan file. Sebelum memilih ‘Save’, klik tanda panah bawah yang letaknya tepat di sebelah kanan tulisan ‘Tools’.

cara memberi password pada file
Setelah memilih tanda panah bawah, maka akan muncul beberapa pilihan seperti ‘Map Network Drive’, ‘Save Options’, ‘General Option’, ‘Web Option’, dan ‘Compress Picture’. Pilih pilihan ‘General Option’ karena di menu ini untuk menginputkan password yang diinginkan.

cara memberi password pada file
Kemudian akan ditampilkan form untuk memasukkan password. Terdapat 2 jenis password yang harus diinputkan, yaitu ‘Password to Open’ dan ‘Password to Modify’. Perbedaannya adalah yang Open hanya untuk melihat informasi pada file dan tidak bisa melakukan perubahan informasi pada file tersebut. Sedangkan Modify digunakan untuk dapat mengubah informasi pada file tersebut. Lebih baik kedua password tersebut tidak sama ya. Setelah selesai menginputkan 2 password tersebut, jangan lupa pilih OK.

cara memberi password pada file
Kemudian akan di minta kembali untuk menginputkan ‘Password to Open’ dan ‘Password to Modify’. Hal ini bertujuan untuk pengecekan ulang apakah benar password yang sebelumnya dengan yang di inputkan sekarang sudah sama atau belum. Setelah proses ini selesai, lanjutkan dengan memilih ‘Save’ untuk menyimpan pengaturan tadi dan file tersebut.

Testing File yang diberi Password

Buka file yang telah diberikan pengaturan untuk password. Hal yang pertama yang diminta adalah ‘Password to Open’. Inputkan password yang telah diinputkan sebelumnya, kemudian lanjutkan input ‘Password to Modify’. Bila password yang di inputkan sudah benar, maka file akan dibuka.

cara memberi password pada file