Keputusan untuk liburan ke Malang ini sebenarnya tanpa pertimbangan yang cukup lama. Teringat janji dengan teman kerjaku dulu, setelah dia pindah ke Surabaya, mari berencana untuk liburan ke Malang. Dan akhirnya hal ini terealisasikan pada bulan Juni 2018, cuti bersama Idul Fitri. Rencana untuk liburan kali ini sudah sejak Desember 2017. Bersyukur banget kepada Tuhan sudah memberikan rejeki untuk bisa liburan lagi. Berhubung tiket Denpasar (DPS) ke Surabaya (SUB) lumayan mahal, jadi aku memutuskan untuk explore Malang selama 4 hari.

Tiket dan Transportasi di Malang

Untuk pembelian tiketnya sendiri aku lakukan 5 hari sebelum keberangkatan. Itu semua karena masih bingung, mau pergi ke Singapore lagi atau ke Jakarta. Setelah banyak menimbang, akhirnya aku pilih ke Malang. Pengennya naik Air Asia tapi ketersedian jam penerbangannya terbatas, jadinya aku pilih Citilink yang tiba di Surabaya pada pukul 10 am dan waktu keberangkatan untuk kembali ke Denpasar pada pukul 6pm. Kebetulan tanggal penerbangannya pas banget Idul Fitri, jadi harga tiketnya lumayan.

Baca Juga : Liburan ke Malang Part 2

Untuk Pulang Pergi Denpasar (DPS) – Surabaya (SUB) sebesar IDR 1.700.000. Transportasi selama liburan di Malang aku menggunakan mobil temanku dan mengeluarkan biaya bensin sekitar IDR 350.000. Cukup untuk PP Surabaya Malang dan keliling Malang. Untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, kami mengandalkan kemampuan dari Google Map yang kadang-kadang bisa di bawa muter-muter hehehee.

Operator Telekomunikasi

Operator utama yang aku pakai adalah XL dan sinyalnya agak agak gimanaaaa gitu. Syukurnya pakai Telkomsel juga yang sinyalnya lumayanlah. Jadi lebih baik memiliki 2 operator agar bisa saling mengisi jika tidak terdapat sinyal pada suatu tempat. Tetapi khusus untuk mengakses Google Map, aku menggunakan Telkomsel karena XL keseringan sinyalnya naik turun disana.

Itinerary

Yang namanya liburan sudah wajib banget buat yang namanya rencana perjalanan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan waktu selama liburan. Termasuk banyak tempat yang aku buat di itinerary, hanya saja yang benar-benar aku kunjungi itu sedikit banget ๐Ÿ™ Alesannya? Karena capek wkwkwkkww. Cuaca yang sangat dingin di Kota Batu Malang ini, apalagi tubuh tidak bisa beradaptasi ya sudah lah wkwkwkw.

Denpasar – Surabaya

Berhubung telat bangun, cari driver GoCar lama banget, akhirnya sampai bandara jamnya udah agak mepet. Sarapan secepat kilat di Concordia Lounge, mumpung punya Credit Card BNI JCB Platinum hanya dikenakan biaya Rp 1,-. Syukur enggak lama-lama, ternyata pindah Gate. Dari sebelum take off sampai landing selalu ngunyah permen, kalau enggak telinga sakit banget. Akhirnya tiba di Juanda International Airport pada pukul 10 AM WIB.

Baca Juga : Liburan ke Malang Part 3