Liburan ke luar negeri akan membutuhkan visa sebagai ijin masuk ke negara tujuan. Contoh negara yang bebas visa untuk paspor Indonesia seperti negara Malaysia dan Singapura. Ijin tinggal yang diberikan tidak lebih dari 30 hari. Lalu bagaimana dengan negara lainnya? Kabar baik bagi para traveler yang ingin liburan ke Jepang sudah bisa menggunakan bebas visa selama 15 hari, yaitu Visa Waiver Jepang. Susah ngģak sih buatnya? Let’s check it out, guys !

Perbedaan Visa Biasa dan Visa Waiver Jepang

Terdapat banyak jenis visa yang disediakan bila traveler ingin mengunjungi Jepang, seperti Single Entry, Multiple Entry, Transit, dan lainnya. Biayanya pun beda-beda, kalau tidak salah ingat untuk Single Entry dikenakan biaya IDR 370.000. Untuk Visa Waiver tidak dikenakan biaya alias gratis. Syarat pembuatan Visa Biasa juga sangat banyak, selain mengisi form juga akan diminta rekening koran selama 3 bulan terakhir. Semua syarat pembuatan visa bisa dilihat di website Konsulat Jenderal Jepang.

Syarat Mengurus Visa Waiver Jepang

Keuntungan memiliki e-paspor adalah kemudahan mengurus Visa Waiver Jepang. Selain tidak dikenakan biaya, form pengajuannya sangat simpel. Beberapa data yang diminta seperti Nama Lengkap, No e-paspor, Tanggal Lahir, Alamat Rumah, dan data lainnya. Jadi, syaratnya adalah dengan membawa e-paspor dan 1 form pengajuan Visa Waiver Jepang. Form Pengajuan Visa Waiver Jepang bisa di download di sini atau di website Konsulat Jenderal Jepang.

Cara Mengurus Visa Waiver Jepang

Hal pertama yang tidak boleh kelupaan adalah e-paspor dan form pengajuan visa. Perhatikan juga jam buka Konsulat Jenderal Jepang. Untuk di Denpasar, Kantor Konsulat buka pada waktu-waktu tertentu. Pengajuan bisa dilakukan pagi atau siang, sedangkan pengambilan bisa dilakukan di siang hari saja. Waktu itu aku pilih siang hari dan kebetulan enggak begitu ramai.

Baca Juga : Pengalaman Membuat E-Paspor

Setiba disana, pertama mengisi data pengunjung terlebih dahulu. Data yang diminta berupa nama, alamat rumah, nama kantor bila sudah bekerja, nomor identitas seperti KTP/Papor, dan tujuan kedatangan. Kemudian akan dilakukan pengecekan barang bawaan. Perlu diingat, untuk masuk kesana tidak boleh membawa barang elektronik contohnya handphone. Jadi handphone musti dimasukkan ke loker barang dalam keadaan nonaktif. Lalu setelah selesai, baru diijinkan untuk masuk ke dalam.

surat pengambilan visa waiver jepang

Surat Pengambilan Visa

Kemudian antri untuk menyerahkan berkas ke loket. Sesampai di loket, akan ditanya tujuannya apa. Berkas sudah lengkap, maka akan diminta untuk menunggu. Proses verifikasi selesai, akan diberikan surat untuk pengambilan e-paspor, tertera tanggal dan waktu pengambilannya. Waktu itu untuk mengurus visa waiver ku, hanya menunggu 10 menit aja. Tetapi waktu antri untuk mengurus visa ibuku, menunggu 1 jam 20 menit. Kebetulan rame banget yang ngurus visa, jadi lebih baik bawa air putih ya ehehe (kalau diijinkan).

Pengambilan Visa Waiver Jepang

Untuk mengambil e-paspor yang akan ditempelkan visa waiver, cukup menunjukkan surat pengambilannya. Tunggu beberapa saat untuk di panggil. Kemudian akan di cek lagi apakah betul namanya sesuai yang di paspor, dan akan ditunjukkan bahwa visa waiver telah di tempel di e-paspor.

visa waiver jepang

Visa Waiver Jepang

Masa Berlaku Visa Waiver Jepang

Masa berlaku visa waiver Jepang adalah 3 tahun atau mengikuti masa berlaku paspor, mana yang lebih dulu. Misalkan paspor masanya habis pada tahun 2022, sedangkan visa di buat pada tahun 2018, maka visa tersebut akan kadaluarsa pada tahun 2021. Tetapi bila visa dibuat pada tahun 2018 dan paspor akan mati pada tahun 2020, maka masa berlaku visa akan mengikuti masa berlaku paspor yaitu pada tahun 2020.

Lama Waktu Tinggal dengan Visa Waiver Jepang

Kita bisa tinggal di Jepang dengan Visa Waiver selama 15 hari. Lebih dari itu harus mengurus visa biasa, contohnya Single Entry.

Waktu Jadi Visa Waiver Jepang

Proses pembuatan Visa Waiver Jepang hanya 2 hari.

Informasi Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar

Jl. Raya Puputan No. 170, Renon, Denpasar, Bali
Telp. +62 361 227 628
http://www.denpasar.id.emb-japan.go.jp/itprtop_id/index.html
Pagi : 08.30 – 12.00
Sore : 13.30 – 16.00