Di artikel sebelumnya aku sudah membahas mengenai apa saja syarat-syarat dan tahapan untuk mengajukan permohonan Single Visa Korea Selatan. Salah satu dokumen yang paling penting adalah Form Aplikasi Visa. Dalam pengisiannya pun tidak boleh ada kesalahan, menggunakan tinta warna hitam, huruf cetak dan kapital, dan tidak boleh ada coretan. Untuk itu, aku akan menjelaskan cara pengisian form sesuai pengalamanku dan semoga ini bisa membantu ya. Untuk formulirnya bisa di unduh di sini.

1. Personal Details

1.1 Full Name in English (as shown in your passport)

Pada bagian Personal Details, kita akan mengisi identitas diri dengan benar. Untuk Family Name menggunakan nama belakang. Misalkan nama kita adalah Made Dwi Ratnasari. Maka Family Name adalah Ratnasari, sedangkan Given Names adalah Made Dwi. 

1.2 한자성명

Untuk nomor 1.2 diabaikan karena itu dapat diisi bila memiliki nama lain menggunakan tulisan Korea atau Cina. 

1.3 Sex

Untuk Sex, silahkan dicentang Female atau Male. Tulisan centang rumputnya diperjelas ya, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

1.4 Date of Birth 

Date of Birth menggunakan format yyyy-mm-dd. Contoh penulisannya adalah 1997/07/08.

1.5 Nationality 

Nationality diisi sesuai dengan kewarganegaraan. Misalkan menjadi warga negara Indonesia, maka tulis saja Nationality adalah Indonesia.

1.6 Country of Birth

Kita biasanya kalau ditanya adalah kota kelahiran. Tapi kali ini yang diminta adalah negara kelahiran. Jadi disini jangan sampai salah tulis ya. 

1.7 Nationality Identity No.

National Identity Number diisi dengan nomor Kartu Tanda Penduduk. 

1.8 Have you ever used any other names to enter or depart Korea?

Maksud pertanyaan ini adalah “apakah kamu pernah menggunakan nama lain untuk masuk atau meninggalkan Korea?”. Bila tidak ada, silahkan centang No. Bila ada, silahkan centang Yes dan isi nama tersebut pada kolom Family Name dan Given Name.

1.9 Are you a citizen of more than one country?

“Apakah anda warga negara lebih dari satu negara?” Bila hanya satu negara saja, silahkan centang No. Bila memiliki lebih dari satu, silahkan centang Yes dan sebutkan negara tersebut.

2.1 Details of Visa Issuance Confirmation

Bagian ini tidak perlu diisi. Karena bagian ini hanya akan diisi oleh pihak Embassy. Jadi langsung lompat ke bagian 3.

Baca Juga : Membuat Visa Waiver Jepang

3. Passport Information

3.1 Passport Type

Centang pada bagian yang sesuai dengan paspor yang kamu miliki. Paspor yang biasa kita punya termasuk Regular.

3.2 Passport No.

Nomor paspor bisa dilihat pada paspor kita halaman kedua. Pastikan jangan sampai salah dalam penulisan nomor paspor.

3.3 Country of Passport

Tulislah negara penerbit paspor.

3.4 Place of Issue

Diisi dengan nama kota penerbit paspor, misalkan Batam.

3.5 Date of Issue

Diisi dengan tanggal terbit paspor.

3.6 Date of Expiry

Tanggal kadaluarsa paspor.

3.7 Do you have any valid passport?

“Apakah anda memiliki paspor lain?” Bila memiliki, silahkan tulis semua identitas paspor lain tersebut dan centang Yes. Bila tidak ada, silahkan centang No.

4. Contact Information

4.1 Address in Your Home Country.

Isi dengan alamat rumah di negara kita. Gunakan alamat yang tertera di KTP. Lengkap dengan nama jalan, nomor rumah, RT/RW bila ada, kelurahan, kecamatan, kabupaten atau kota, dan kode pos.

4.2 Current Residential Address

Apabila alamat yang tertera di KTP adalah sama dengan tempat tinggal yang dihuni saat ini, maka tidak perlu di tulis ulang. Silahkan lanjut mengisi point 4.3.

4.3 Cell Phone No.

Tulis nomor handphone kita, menggunakan format +62. Misalkan nomor handphone kita adalah 087865534342. Maka kita menulisnya dengan format +6287865534342.

4.4 Telephone No.

Isi dengan nomor telepon rumah bila ada. Penulisannya menggunakan format +62 juga.

4.5 Email

Tulislah alamat email dengan huruf kecil dan jangan sampai salah dalam penulisannya.

4.6 Emergency Contact Information

Informasi kontak ini digunakan dalam hal darurat. Kalau bisa, masukkan data keluarga yang tidak ikut traveling dengan kita. Tulislah nama lengkap, negara yang ditempati, nomor handphone, dan hubungan orang tersebut dengan kita.

5. Marital Status Detail

5.1 Current Marital Status

Hal ini menunjukkan apakah kita Never Married, Married, atau Divorce. Bilah sudah berkeluarga, silahkan centang Married. Bagi yang belum pernah berkeluarga silahkan centang Never Married. Apabila bercerai atau pasangan meninggal dunia, silahkan centang Divorced.

5.2 If “Married” Please Provide Details of Your Spouse

Bila sudah berkeluarga, silahkan mengisi informasi dari pasangan kita. Informasi yang diminta adalah nama lengkap, tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat rumah saat ini, dan nomor handphone.

6. Education

6.1 What is the Highest Degree or Level of Education You Have Completed?

Bagian ini diisi dengan Pendidikan terakhir yang kita miliki. Bagi Pendidikan S2 atau S3, silahkan centang Master’s / Doctoral Degree. Untuk Pendidikan S1 silahkan centang Bachelor’s Degree. Untuk Pendidikan Diploma, silahkan centang High School Diploma. Selain itu, silahkan centang Other dan sebutkan jenjang pendidikannya.

6.2 Name of School

Sebutkan nama sekolah dalam English. Sebagai contoh adalah Warmadewa University.

6.3 Location of School

Alamat yang diminta adalah Kota, Provinsi, dan Negara sekolah tersebut. Contohnya adalah Warmadewa University terletak di Denpasar, Bali, Indonesia.

7. Employment

7.1 What are your current personal circumstances?

Bila kita sudah bekerja, silahkan centang sesuai dengan jenis pekerjaan kita. Apakah seorang pengusaha (entrepreneur), PNS (civil servant), tidak bekerja (unemployed), wirausaha (self-employed), murid atau mahasiswa (student), karyawan (employed), pensiunan (retired), atau yang lainnya (other).

7.2 Employment Details

Bagian A, silahkan tulis nama perusahaan, instansi, atau nama sekolah kita. Isi posisi kita di perusahaan atau sekolah pada bagian B. Address of Company/Institute/School diisi dengan alamat tempat bekerja atau sekolah lengkap dengan kode pos. Telephone No. diisi dengan nomor telepon tempat bekerja atau sekolah.

8. Details of Sponsor

Bagian ini diisi bila perjalanan kita ke Korea Selatan akan disponsori oleh seseorang atau sebuah perusahaan yang berasal dari Korea Selatan. Bila ada, maka centang Yes da nisi semua informasi pemberi sponsor. Bila tidak ada, silahkan centang No dan lanjut mengisi pada bagian 9.

9. Details of Visit

9.1 Centanglah sesuai tujuan kita membuat visa. Berhubung sekarang tujuannya adalahjalan-jalan, maka centang bagian Tourism/Transit.

9.2 Intended Period Of Stay

Berikan informasi berapa lama akan tinggal di Korea Selatan.

9.3 Intended Date of Entry

Berikan informasi tanggal masuk ke negara Korea Selatan.

9.4 Address in Korea (including hotels)

Isi alamat tempat tinggal di korea, lengkap sampai nomor kode pos nya juga.

9.5 Contact No. in Korea

Untuk nomor telepon selama di Korea Selatan bisa diisi dengan nomor hotel maupun apartment. Tapi kalau aku tetap mencantumkan nomor handphone pribadi karena selama disana aku akan tetap menggunakan nomor handphone Indonesia. Jangan lupa menggunakan format +62 bila menggunakan nomor Indonesia. Sedangkan +82 bila menggunakan nomor Korea Selatan.

9.6 Have you travelled to Korea in the last 5 years?

Bila kita sudah pernah ke Korea sebelumnya, centang Yes dan tulis berapa kali kita pernah ke Korea dengan tujuan apa. Bila belum pernah, silahkan centang Ni dan lanjut pengisian ke bagian 9.7.

9.7 Have you travelled outside your country of residence, excluding to Korea, in the last 5 years?

Bila kita pernah ke luar negeri tidak termasuk Korea Selatan 5 tahun terakhir, centang Yes dan berikan informasi nama negara, tujuan pergi ke negara tersebut, dan lamanya tinggal di negara lain yaitu tanggal masuk dan tanggal keluar dari negara tersebut. Bila belum pernah ke luar negeri, silahkan centang No dan lanjut ke bagian 9.8.

9.8 Are you travelling to Korea with any family member?

Apabila kita bepergian ke Korea dengan keluarga, maka centang yes dan berikan informasi keluarga yang kita ajak seperti nama lengkap, tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd, kewarganegaraan, dan hubungan orang tersebut dengan kita. Bila tidak ada, lanjut ke bagian 10.

10. Funding Details

10.1 Estimated travel costs (in US Dollars)

Perkirakan berapa uang yang akan dihabiskan selama berada di Korea Selatan dengan mata uang USD. Untuk simple-nya, jumlah hari dikalikan USD 100. Sebagai contoh, bila kita berlibur selama 14 hari di Korea Selatan maka perkiraan uang yang akan dihabiskan adalah USD 1.400.

10.2 Who will pay for your travel-related expenses? (any person including yourself and/or institute)

Siapakan yang membayar semua pengeluaran selama di Korea Selatan? Bila hanya diri kita sendiri yang menanggung semua pengeluarannya, maka tulis nama kita dan pada bagian Type of Support isikan Full Funding. Jika setengah pengeluaran kita ditanggung oleh orang lain, maka tulis informasi orang tersebut dan pada bagian Type of Support berikan tulisan Half Funding.

11. Assistance with This Form

Jika pengisian form ini dibantu oleh seseorang entah keluarga ataupun travel agent, berikan informasi orang tersebut yaitu nama lengkap, tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd, nomor handphone, dan hubungan orang tersebut dengan kita. Bila tidak ada, silahkan lanjut ke bagian selanjutnya.

12. Declaration 

Bagian ini berisikan informasi tanggal pembuatan formulir dan tanda tangan. Perlu diingat bahwa bagian tanggal diisi tanggal pengajuan ke Embassy, bukan tanggal kita menulis formulir ini.


Yaps selesai sudah tutorial pengisian form aplikasi visa Korea Selatan. Semoga artikel ini membantu kamu yang akan mengajukan permohonan visa. Apabila ada kesalahan dalam informasi, penulisan, ataupun ada pertanyaan seputar pengisian form ini, silahkan meninggalkan komentar di bawah ya, I’ll reply ASAP 🙂