Siapa yang tidak kenal Kota Batam? Kota yang terletak di Kepulauan Riau ini merupakan salah satu kota pusat industri di Indonesia. Kawasan Batam merupakan kawasan free trade zone yang menjadikan kota ini tujuan wisata bagi turis domestik maupun wisatawan asing. Banyak maskapai seperti Express Air menyediakan rute penerbangan ke Bandara Hang Danim Batam sehingga kota ini tidak sulit dicapai.

Di balik kepopulerannya sebagai kota Industri, ternyata Batam memiliki banyak destinasi wisata yang menarik serta lengkap untuk dinikmati seluruh anggota keluarga. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wahana buatan dapat kamu nikmati di kota ini. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menjadikan Kota Batam sebagai daftar tujuan liburanmu selanjutnya bersama keluarga. Tetapi sebelum kamu membuat rencana untuk liburan di Batam, yuk simak dulu tempat wisata apa aja yang wajib untuk dikunjungi.

1. Batam Ocarina Park

Ocarina Park merupakan taman bermain keluarga dengan luas 40 hektar yang terletak di Bengkong, Kepulauan Riau. Lokasi Ocarina Park terletak di daerah tepian teluk Kering, dimana daerah tersebut merupakan kawasan elit Coastarina.Β Kawasan ini menawarkan berbagai wahana yang seru dengan pemandangan pantai yang luar biasa. Wahana yang paling digemari adalah kolam mandi busa dan kicir raksasa.

batam ocarina park

source : https://www.flickr.com/gutherzig

batam ocarina park

source : www.flickr.com/gutherzig

2. Kampung Vietnam

Salah satu tujuan wisata sejarah di Batam yang terkenal adalah Kampung Vietnam. Walaupun lokasinya agak terpencil, tapi tidak menyurutkan daya tariknya. Waktu tempuh perjalanan menuju tempat ini dari Bandara Hang Danim sekitar 2 jam. Kamu bisa menggunakan Express Air yang langsung mendarat di bandara. Luas area Kampung Vietnam adalah 80 hektar dan merupakan saksi sejarah kehidupan para pengungsi Vietnam di Indonesia. Terdapat bekas-bekas rumah, makam, tempat ibadah, bahkan penjara yang dulu dibangun oleh para pengungsi.

3. Bukit Senyum Batam

Tempat yang populer di kalangan remaja di Batam tentu saja Bukit Senyum. Terletak di Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, kawasan ini sering dikunjungi muda-mudi pada malam hari. Dari sini kamu bisa melihat gemerlap Singapura dari ketinggian sambil menikmati makanan khas yang ditawarkan tempat-tempat makan di sekitarnya.

4. Jembatan Barelang

Kamu tidak boleh melewatkan landmark kota Batam satu ini. Jembatan ini menghubungkan tiga wilayah metropolitan Batam yakni Batam, Rempang dan Galang dengan perpaduan pemandangan pulau, perbukitan serta laut yang biru. Pada malam hari lampu jembatan serta lampu kota menambah daya tarik tempat yang menjadi icon Kota Batam ini. Jika kamu terbang dengan Express Air dan mendarat di Bandara Hang Danim, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat menuju Jembatan Barelang.

jembatan balerang

source : ig @syifamaulia

5. Nagoya Hill

Tak lengkap rasanya saat liburanΒ di Batam jika tidak belanja, karena seperti yang kita tahu Kota Batam merupakan kawasan perdagangan bebas di Indonesia. Jika kamu ingin berbelanja di Batam, kamu bisa mengunjungi kawasan pertokoan Nagoya. Kamu akan menemukan banyak barang-barang bermerek mulai sepatu, pakaian, hingga tas di tempat ini. Toko-toko di kawasan ini menyediakan hampir seluruh kebutuhan, seperti makanan, elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Suasananya dibuat sedemikian rupa hingga mirip deretan toko di Kota Nagoya yang akan membuatmu betah berbelanja di sini.

bagoya hill batam

source : traveller101.com.sg

6. Alun-Alun Engku Putri Batam

Lelah berkeliling kota dan berbelanja, kamu bisa beristirahat santai di alun-alun Engku Putri yang terletak di pusat pemerintahan kota. Alun-alun ini tertata rapi dengan pemandangan kota dan dikelilingi gedung-gedung perkantoran. Sangat cocok berkunjung kesini pada saat weekend atau saat libur nasional.

alun-alun engku putri

source : tempat.co.id

7. Pantai Nongsa

Pantai berpasir putih ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena terletak di kawasan wisata terpadu yang dikelilingi resort-resort mewah di Batam seperti Palm Spring Golf & Beach Resort dan Batam View Beach Resort. Kamu bisa menggunakan Expres Air menuju bandara dan berkendara darat selama 15 menit menuju Pantai Nongsa.

pantai nongsa batam

source : ig @danirio_ai

pantai nongsa batam

source : ig @jelajahbatam

8. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan wisata mata kucing merupakan pilihan yang tepat untuk kamu berwisata bersama keluarga. Selain kamu dapat menikmati keindahan hutan, tempat ini juga memberikan edukasi kepada anak-anak tentang hewan-hewan koleksi hutan wisata ini serta pentingnya pelestarian lingkungan. Terdapat sekitar 100 jenis satwa yang dimiliki Hutan Wisata Mata Kucing.

hutan wisata mata kucing

source : ig @miftahulrachmi

hutan wisata mata kucing

source : ig @amazingkepri

9. Pulau Abang Besar

Bagi kamu yang gemar melakukan olah raga bawah laut, kamu wajib mengunjungi kawasan Pulau Abang B esar. Di sini kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving sambil menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Baca Juga : Trip to Singapore Part 2

Diantara 9 tempat wisata yang harus dikunjungi selama liburan di Batam, tempat yang paling banget aku kunjungi adalah Pantai Nongsa dan Hutan Wisata Mata Kucing. Semoga kesampaian buat liburan di Batam suatu saat nanti. Kalau kamu mempunyai kesempatan untuk ke Batam, kalian pilih tempat wisata yang mana guys? πŸ™‚