Pertama kali aku mendengar Blue Whale Challenge itu dari teman kantor. Samar-samar juga aku dengerinnya, intinya itu berbahaya dan pemainnya diminta melakukan hal-hal yang aneh. Misalkan, pemainnya diminta untuk naik ke atap rumah pada pukul 4 am, menulis “i am whale” pada tangan menggunakan pisau, menulis hal-hal yang diminta oleh orang yang disebut “curator”. Kemudian aku searching berita itu di Google dan Instagram, dan mulai mengerti maksud dari Blue Whale Challenge ini.

Apa itu Blue Whale Challenge?

Blue Whale Challenge merupakan tantangan yang menyakiti diri sendiri setiap hari yang didapat pemainnya selama 50 hari yang diberikan oleh Curator Anonim. Di akhir tantangan, pemain akan diminta untuk mengakhiri hidupnya dengan cara-cara yang tragis. Salah satu contohnya adalah melompat dari gedung tinggi. Di duga Blue Whale Challenge ini berasal dari Rusia dari situs VKontakte. Penamaan Blue Whale ini dipilih karena percaya bahwa ikan paus yang terdampar di pantai sengaja menepi ke daratan untuk bunuh diri.

blue whale challenge

Bila pemain sudah siap untuk memainkan Blue Whale Challenge, maka sang Curator akan menjelaskan aturan mainnya. Dimana setiap harinya pemain akan diberikan beberapa tantangan yang harus diselesaikan dan tidak boleh ada seorangpun yang tahu. Jika berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, maka pemain harus membuat dokumentasi dengan cara mengambil foto dan diberikan kepada Curator. Curator mengatakan “Sekali kamu masuk, kamu tidak akan bisa berhenti, atau kami akan mendatangimu”. Para pemain dan Curator di duga membuat sebuah grup tertutup seperti Skype atau Whatsapp.

Seperti Apa Blue Whale Challenge?

Pemain akan mendapatkan tantangan selama 50 hari dari Curator. Dengan rincian 49 hari mendapatkan tantangan-tantangan seperti mengukir tulisan “i am whale”, “f57”, “f40”, membuat gambar ikan paus, menonton film horor, naik ke atap rumah pada pukul 4am, atau tulisan-tulisan lainnya yang diperintahkah oleh Curator menggunakan pisau. Tantangan-tantangan yang diberikan sebenarnya tantangan yang menyakiti diri sendiri dan harus didokumentasikan dengan foto. Pada hari terakhir yaitu hari ke 50, tantangan terakhir yang diberikan oleh Curator adalah untuk bunuh diri. Pemain diminta untuk mengambil foto selfie sebelum melakukan aksi bunuh diri dan membuat pesan perpisahan seperti menggunakan kata “Good Bye” atau “End”. Aku juga sempat melihat beberapa orang yang sudah memposting perintah apa saja yang diberikan oleh Curator. Aku menemukannya dengan menggunakan hashtag #bluewhalechallenge.

Blue Whale Challenge

Task of Blue Whale Challenge

Pemain Blue Whale Challenge

Sesuai hasil pencarian di Google, aku menemukan satu akun di Twitter yang dapat dilihat dari tweet yang ada bahwa ia sedang memainkan Blue Whale Challenge. Salah satu nama akun Twitter @_JackCasper_ membuat tweet tentang melakukan tantangan yang didapatkan dari Curator. Kali ini aku tidak menampilkan seperti apa penampakan tangannya yang digambar menggunakan pisau, karena bagi aku itu mengerikan. Mungkin yang kuat untuk melihat bisa langsung mengunjungi akunnya.

blue whale challenge

Twitter : _JackCasper_

Beberapa hashtag yang digunakan para pemain Blue Whale Challenge adalah #BlueWhaleChallenge #iamwhale #i_am_whale #wakemeat420 #f40 #f57 #curatorfindme #imready #imingame #helpmedie #bluewhalegame #suicidal. Hashtag ini masih bisa di cari di Twitter. Tetapi bila dicari di Instagram, maka akan muncul peringatan terlebih dahulu dari pihak Instagram bahwa konten yang akan ditampilkan mengacu pada tindakan yang meyakiti diri sendiri. Di Twitter juga ada peringatan seperti “This media may contain sensitive material. Your media settings are configured to warn you when media may be sensitive.”.

Di Duga Korban Blue Whale Challenge

Beberapa media online luar negeri mengatakan banyaknya remaja yang meninggal diduga karena Blue Whale Challenge ini sekitar 130 orang lebih. Beberapa media tersebut juga menyebutkan bahwa remaja tersebut bernama Yulia Konstantinova, Veronika Volkova, dan Rina Palenkova. Media online tersebut adalah Dailymail dan Siberia Times.

Yulia Konstantinova berusia 15 tahun sedangkan Veronika Volkova berusia 16 tahun, merupakan dua sahabat yang berasal dark kota Ust-Ilimsk, Rusia. Mereka di duga mengikuti permainan Blue Whale Challenge ini. Mereka ditemukan tewas bunuh diri dengan cara melompat dari lantai 14 apartemen mereka. Dalam postingan terakhir Yulia di media sosial Facebook, ia menuliskan kata “End” dan menyertakan foto ikan paus biru yang merupakan ciri khas salam perpisahan para pemain dari tantangan Blue Whale Challenge.

blue whale challenge

Yulia Konstantinova

blue whale challenge

Veronika Velkova

Rina Palenkova yang dikabarkan ikut juga dalam permainan Blue Whale Challenge menjadi sorotan publik di Rusia karena kematiannya yang tragis. Gadis ini tewas karena menabrakkan diri ke kereta yang sedang melaju. Sebelum menabrakkan dirinya, Rina Palenkova memposting foto selfie dirinya yang terlihat menggunakan buff, headphone, dan beanie pink. Penyebab bunuh diri Rina masih simpang siur. Karena sebuah situs bernama “Sea of Whale” yang sering memposting aksi-aksi bunuh diri yang juga mengunggah video kematian Rina, sehingga Rina dikaitkan dengan tantangan Blue Whale Challenge.

Berdasarkan berita dari Dailymail, gadis remaja lain yang diyakini ikut bermain Blue Whale Challenge berasal dari Portugal. Gadis itu ditemukan warga berada di bawah jembatan jalir kereta api, merintih kesakitan setelah aksi bunuh dirinya yang gagal. Warga yang mendengar suara rintihan gadis tersebut kemudian membawa ke rumah sakit terdekat. Akibatnya gadis tersebut mengalami luka-luka dan patah kaki.

Kemudian juga ada remaja berusia 18 tahun yang tidak disebutkan namanya mengaku bahwa ia mengikuti tantangan Blue Whale Challenge. Paramedis yang merawatnya mengatakan bahwa mereka menemukan luka-luka yang dibuat dengan pisau di lengan kiri bertuliskan f57, dan kata ‘sim’ atau ‘yes’ di kaki sebelah kanan remaja itu.

Dalang Blue Whale Challenge

Telah diketahui pencipta permainan Blue Whale Challenge adalah Phillip Budeykin yang berusia 21 tahun. Phillip Budeykin memulai permainannya di media sosial Rusia yaitu VKontakte. Phillip Budeykin mengatakan pada media Lenta.ru bahwa motivasinya adalah “Dunia telah tercemar! Kita bersihkan dunia dari sampah biologis!”. Pengakuan Phillip Budeykin berubah-ubah tetapi pengakuan terakhirnya adalah mengakui apa yang telah dilakukannya.

blue whale challenge

Phillip Budeykin

Antisipasi Blue Whale Challenge

Tantangan Blue Whale Challenge ini dikatakan menarget para remaja yang masih labil atau sedang mengalami depresi. Sehingga beberapa pakar psikolog mengatakan lebih baik para remaja bila memiliki masalah, ceritakan kepada orang tua agar segala sesuatunya lebih terarah. Menurutku pribadi juga sama, lebih baik bila ada masalah lebih baik bercerita dan didiskusikan denga keluarga agar menemukan solusi yang tepat. Jangan sampai menceritakan masalah pribadi kepada orang yang salah ataupun melampiaskannya ke hal-hal yang tidak benar. Hal-hal yang tidak benar tersebut seperti narkoba maupun mengikuti permainan atau tantangan Blue Whale Challenge atau sejenisnya. Bila ingin menghibur diri, lebih baik menonton film, bermain game yang tidak merugikan diri sendiri. Blue Whale Challenge ini jelas-jelas merugikan diri sendiri karena beberapa tugasnya yang aneh seperti menggambar atau menulis di lengan dengan menggunakan pisau atau silet.

References :