Kutu yang biasanya aku ketahui adalah kutu yang menyerang rambut manusia dan pada bulu anjing atau kucing. Tetapi gimana kagetnya aku melihat ikanku dibawah cahaya lampu, terdapat binatang berlendir, warna hijau transparan, berbintik hitam, dan memiliki 2 mata yang menempel di ikan mas koki kesayanganku? Awalnya aku enggak yakin, apakah benar itu kutu ikan? Lalu aku searching di Google, ternyata ada 2 kutu pada ikan yang aku temukan, yaitu Kutu Algurus dan Kutu Jarum. Aku pernah menemukan kedua jenis kutu pada ikan mas koki ku.

Informasi yang aku dapatkan dari Google, bahwa Kutu Algurus ini berkembang sangat cepat. Sehingga kita tidak boleh membiarkan ikan lebih lama bila kita sudah mengetahui kalau ikan kita terjangkit Kutu Algurus. Setelah banyak membaca di Google, aku langsung meminta kepada Ibu untuk memberikan pinset. Pinset ini digunakan untuk mempermudah mencabut Algurus pada tubuh ikan. Sebelum menggunakan pinset, pinset harus dicuci terlebih dahulu agar peralatan yang digunakan steril. Dengan maksud agar infeksi pada tubuh ikan tidak makin parah.

kutu algurus

Kutu Algurus Menempel pada Wajah Ikan

Bila kita mencabut Kutu Algurus menggunakan kuku, selain memang lebih susah, takutnya akan menempel di kuku kita. Belum tahu sih apakah bahaya di kita juga, jadi lebih baik menggunakan pinset saja. Jangan lupa sediakan tisu untuk melepas kutu-kutu yang sudah di cabut. Pastikan semua kutu pada tubuh ikan telah di cabut. Jangan lupa menggunakan cahaya lampu untuk memperjelas penglihatan. Biasanya kutu-kutu itu menempel di bagian kepala, dekat mata, bagian tubuh bawah, sirip, dan ekornya. Kutu Algurus ini tergolong mudah untuk dilihat karena warnanya yang hijau.

Setelah mencabut semua Kutu Algurus pada tubuh ikan, segera juga mengganti air yang terdapat pada akuarium. Bersihkan semua bebatuan dan hiasan yang terdapat di akuarium, karena bisa saja beberapa kutu sedang menempel di peralatan tersebut. Bersihkan sampai bersih dengan sikat dan air yang mengalir. Ketika semuanya beres, maka penuhi akuarium dengan air yang telah dilarutkan dengan garam. Perlu diingat, jangan menggunakan garam dapur ya, berikan garam khusus untuk ikan. Garam ini bisa di dapat di toko-toko ikan hias terdekat atau di pasar.

Kutu Algurus

source : https://i1.wp.com/www.eeob.iastate.edu/faculty/DrewesC/htdocs/argulus.jpg

Bila menemukan bercak-bercak merah pada tubuh ikan, tenanglah. Itu merupakan hal yang wajar banget. Tunggu 1-3 hari, secara perlahan-lahan bercak merah tersebut akan memudar. Beberapa tips yang perlu diingat untuk menghilangkan kutu pada tubuh ikan adalah :

kutu algurus

Algurus yang Aku Cabut, Maaf Kalau Fotonya Enggak Jelas

  1. Jangan menggunakan bubuk abate. Beberapa blog yang aku baca, yang ada ikannya malah mati bukan kutunya.
  2. Jangan menggunakan ikan pemakan kutu untuk menghilang kutu pada tubuh ikan mas koki. Karena ketika aku mencoba menanyakan kepada penjual ikan mengenai ikan sumatra (salah satu ikan yang katanya dapat memakan kutu), sangat tidak cocok bila di tempatkan bersamaan dengan ikan mas koki.
  3. Jangan menggunakan obat-obatan ikan yang aturan pakainya tidak dijelaskan secara terperinci. Hal ini dapat menyebabkan ikan dapat mengalami kematian bila kita menggunakan obat-obatan tersebut tidak sesuai dengan dosisnya.
  4. Perhatikan kebersihan air pada akuarium. Biasakan setiap 2-3 hari sekali, kuras air akuarium sebanyak 30% saja. Jangan lupa menambahkan garam khusus ikannya juga ya.

Sekian dulu ya pengalaman yang bisa aku bagi. Semoga bermanfaat bagi yang suka memelihara ikan khususnya ikan mas koki. Jangan lupa di share dan kalau ada yang mau bertanya, silahkan tinggalkan komentar di bawah ya πŸ™‚