Untuk membuat suatu website, kita bisa menggunakan framework untuk memudahkan proses pembuatan. Terdapat banyak jenis framework, tetapi kali ini yang akan aku bahas adalah CI atau CodeIgniter. Biasanya sebelum kita meng-upload website di server hosting, kita membuatnya di LocalHost menggunakan Xampp atau Wampp. Jadi, sebelum melakukan instalasi CodeIgniter, wajib Xampp atau Wampp sudah terpasang di laptop dan di aktifkan.

Pengenalan CodeIgniter

CodeIgniter atau biasa disebut CI adalah suatu aplikasi framework yang menggunakan prinsip MVC, yaitu Model View Controller dengan tujuan untuk membuat website yang bersifat dinamis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan menggunakan CodeIgniter, para developer dapat dimudahkan dalam membuat aplikasi website dengan lebih cepat dan lebih mudah. Tujuan dari MVC adalah untuk memisahkan komponen-komponen utama yaitu user interfce, manipulasi data, dan kontrol aplikasi. 3 komponen tersebut penjelasannya adalah :

  1. Model, adalah yang berhubungan langsung dengan manipulasi data pada database seperti perintah CRUD (Create, Read, Update, Delete). Bagian Model tidak memiliki hak akses langsung pada bagian View.
  2. Β View, adalah bagian yang berfungsi untuk menerima dan menampilkan data kepada user. Bagian View tidak memiliki hak akses secara langsung pada bagian Model.
  3. Β Controller, yaitu bagian yang mengatur hubungan antara bagian View dan Model, berfungsi untuk menerima request yang dimana data didapatkan dari user, kemudian menentukan prosesnya oleh aplikasi.

Cara Install CodeIgniter di Xampp

Cara meng-install CodeIgniter sangatlah mudah, dimana yang diperlukan adalah sebuah web server pada komputer yang kita gunakan yaitu Xampp, dan file CodeIgniter yang akan di setting di Xampp.

Step 1 : Download dan Aktifkan Xampp

Bila di komputer belum terdapat web server Xampp, silahkan di download pada website resmi Xampp. Kemudian install dan aktifkan bagian Apache dan MySQL. Untuk penjelasan cara menginstal Xampp, bisa dilihat disini.

xampp

Xampp

Step 2 : Download File CodeIgniter

Untuk men-download file CodeIgniter, silahkan membuka website resmi CodeIginiter. Download versi terbarunya yaitu 3.1.8 (saat ini Juni 2018).

codeigniter

File CodeIgniter

Step 3 : Extract Code Igniter

Hasil dari download filenya adalah CodeIgniter-3.1.8.zip, kemudian extract file tersebut dan akan menghasilkan nama folder yang sama.

Step 4 : Letakkan File di htdocs

Sebelum file tersebut di letakkan di htdocs, ubahlah nama foldernya terlebih dahulu. Misalkan, seperti aku mengubah nama foldernya menjadi test-04062018. Folder tersebut kemudian dipindahkan ke C:\xampp\htdocs .

htdocs

htdocs

Step 5 : CodeIgniter Base URL Configuration

Setelah dipastikan file berada pada htdocs, saatnya untuk mengatur Base URLnya. Base URL terletak pada C:\xampp\htdocs\test-04062018\application\config\config.php . File config.php dibuka menggunakan editor yang kamu pakai. Misalkan, yang aku pakai adalah Notepad++. Setelah dibuka, kemudian lakukan perubahan pada code :

$config[‘base_url’] = ”;

menjadi :

$config[‘base_url’] = ‘http://localhost/test-04062018′;

codeigniter

Base URL Configuration

Step 6 : Tahap Akhir

Bila semua sudah dilakukan dengan benar, maka buka http://localhost/test-04062018. Bila berhasil, maka akan muncul pesan seperti di bawah ini.

codeigniter

CodeIgniter Berhasil Di Install