Kali ini aku akan membahas persiapan dan tempat wisata yang aku kunjungi selama liburan di Yogyakarta 4 hari 3 malam. Liburan kali ini sebenarnya berawal dari ide teman kantor yang pengen ke Yogyakarta dan aku ikutan nimbrung. Kalau ditanya berapa kali aku ke Yogyakarta, tepatnya berapa kali aku enggak inget. Liburan ke Yogyakarta termasuk sering tetapi tidak sesering perjalanan ku ke Surabaya. Liburan di Yogyakarta kali ini benar-benar bakalan paling aku ingat, karena saat aku mau balik ke Denpasar, Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup karena erupsi Gunung Agung. Mau enggak mau harus balik menggunakan jalur darat, wow 🙂

Tiket Penerbangan DPS – JOG – DPS

Pembelian tiket aku lakukan 2 bulan sebelum hari H. Waktu itu temanku iseng ngecek Traveloka dan ada promo discount IDR 400.000 bila kita membeli tiket pesawat sekaligus memesan hotel. Kami memutuskannya juga agak lama, karena bingung mau tinggal di hotel yang mana. Waktu itu bingungnya di Adhistana Hotel atau Greenhost Boutique Hotel. Sehingga harga akhir yang kami dapat adalah IDR 2.120.000, dengan rincian tiket pesawat pulang pergi untuk 2 orang dan hotel untuk 1 malam. Maskapai yang kami pilih adalah Air Asia Indonesia. Untuk beli tiket pesawat memang harus pintar mencari kesempatan menggunakan promo-promo yang ada di OTA. Kita memang harus membandingkan harga di Traveloka dan di website maskapainya langsung. Bisa juga terdapat beberapa diskon khusus yang terdapat di website maskapai masing-masing seperti diskon menggunakan kartu kredit tertentu.

Hotel dan Apartemen

Selama liburan di Yogyakarta, kami memilih untuk menginap di 2 tempat yang berbeda. Dengan maksud sekalian mencoba hotel yang sedang hip di Yogyakarta. Di hari pertama kami tiba, kami menginap di Greenhost Boutique Hotel. Hotel tersebut berlokasi di Jl. Prawirotaman II No. 629, Brontokusuman, Mergangsan. Pembelian hotelnya pun seperti yang aku jelaskan tadi, itu sudah sepaket dengan tiket pesawat yang kami beli melalui Traveloka App di smartphone. Sedangkan di hari kedua sampai kepulangan, kami memilih Mataram City Apartment, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Lokasinya di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kali ini pembelian menggunakan Airbnb. Kebetulan punya link yang di share dari teman, sehingga bookingan pertama akan mendapatkan diskon IDR 400.000. Kami menginap selama 2 malam di Mataram City Apartment dengan biaya IDR 736.000 setelah mendapat diskon tadi. Yang mau dapet diskon juga bisa tinggal isi komentar di bawah ya 🙂

Transportasi Selama di Yogyakarta

Kami sempat bingung, memilih antara mencari taxi online atau menyewa mobil selama liburan di Yogyakarta. Kami searching terlebih dahulu mengenai sewa mobil. Beberapa ada yang menyediakan lepas kunci, hanya saja uang jaminannya sangat besar, antara IDR 4.000.000 – IDR 5.000.000. Syarat lainnya adalah KTP Asli, Fotocopy Kartu Keluarga. Tetapi kami menemukan sewa mobil yang tanpa uang jaminan, hanya saja harus menyerahkan Paspor Asli juga. Kebetulan sewa mobil selama 3 hari mendapatkan harga khusus, jadinya kami deal dengan tempat sewa mobil tersebut via WhatsApp. Lokasi kantornya juga tidak jauh dari apartemen. Kami meminta mobil dibawa ke Adi Sutjipto Airport agar kami langsung membawa barang bawaan ke hotel. Pihak penyewa mobil meminta DP untuk booking sebesar IDR 100.000. Selama di Yogyakarta, kami hanya mengandalkan Google Maps dan Waze wkwkw.

Keberangkatan DPS – JOG 24 Nov 2017

Sebenarnya 2 hari sebelum keberangkatan rada-rada waspada, karena aktivitas Gunung Agung mulai meningkat. Aku udah kepikiran jangan-jangan bakalan erupsi, takutnya bandara bakalan di tutup. Syukur saat keberangkatan, Gunung Agung masih baik-baik saja sehingga bandara tetap buka seperti biasanya. Sebelum waktu boarding, kami menunggu sambil ngobrol di Concordia Lounge, dan enggak lupa buat ngemil disana. Kebetulan aku memiliki kartu kredit BNI yang memang memiliki kerja sama dengan Concordia Lounge, aku hanya dikenakan biaya IDR 1. Waaahhhh 😀

concordia lounge

Sofa

Menu

Hanya saja selama penerbangan, lampu tanda mengenakan sabuk pengaman terus menyala. Cuaca tidak begitu baik dan terdapat turbulence. Bahkan saat sebelum landing, pesawat masih berputar di atas sekitar 30 menit. Selama penerbangan, ada hal yang tidak kami duga. Selama kurang lebih 1 jam 30 menit, kami benar-benar tersiksa dengan bau kaki. Entah itu kaki penumpang yang berada di nomor berapa kami juga kurang tahu. Pokoknya itu pengalaman yang paling buruk. Aku pikir, itu orang enggak mikir 1 pesawat tersiksa dengan bau kakinya. Ya Tuhannnnn 🙂

Kedatangan di Adi Sutjipto Airport

Kami tiba di Bandara Adi Sutjipto dengan hujan yang lumayan deras. Pakaian sudah agak basah terkena hujan ketika berjalan dari pesawat menuju terminal kedatangan. Kami lumayan lama mengantri untuk pengambilan bagasi. Lalu berjalan menuju eskalator untuk ke terminal lainnya, karena kami akan di jemput untuk sewa mobil tersebut. Setiba di parkiran, kami melakukan transaksi dengan pihak sewa mobil, memberikan sisa pembayaran, paspor, ktp, fotocopy kartu keluarga, tanda tangan, serta mengecek kondisi mobil untuk mengetahui bagian mana saja yang lecet. Setelah selesai, kita langsung menuju ke Greenhost Boutique Hotel.

air asia indonesia

DPS – JOG

Menginap di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta

Awalnya kami bingung jalan keluar dari Bandara Adi Sutjipto, kami melihat kesana kemari mengikuti kendaraan lain. Sisanya kami percayakan kepada Google Maps wkwkwkww. Hujan semakin deras saat itu, selama perjalanan kami sambil bernyayi dan senang akhirnya kami benar-benar tiba di Yogyakarta. Uhuuuyyyyyyyyyy 🙂

greenhost boutique hotel yogyakarta

Pool Greenhost

Bakso

creative farming greenhost boutique hotel yogyakarta

Selfie di Creative Farming Greenhost

Perjalanan dari Bandara menuju Hotel kurang lebih memakan waktu selama 30 menit tanpa macet. Kami pelan-pelan sambil melihat keadaan sekitar, melihat-lihat dimana lokasi pom bensin dan minimarket. Jalan menuju Greenhost Boutique Hotel agak kecil, jadi perlu berhati-hati mengendarai mobil disana. Setelah tiba, kami menyerahkan kunci mobil ke security dan kami diberikan nomor untuk nantinya bila kami ingin keluar dan mengambil kunci. Lalu kami lanjut melakukan proses check-in.

Hotel ini disetiap sisi dihiasi dengan warna hijau tanaman. Seluruh bagian depan kamar terdapat tanaman kangkung, jadi warna hotel ini benar-benar hijau. Di bagian rooftopnya juga terdapat tanaman seperti sawi, bokchoy, selada, cabe dan lain-lainnya. Bagian rooftop ini cocok banget dipakai selfie dan upload ke Instagram. Bagian restorannya juga oke banget, terutama di sore hari dengan sorotan lampu yang keren, cocok banget dah buat dipakai selfie. Sayangnya selama kami menginap disana, kami enggak nyoba restoran disana karena terbentur waktu dan mumpung Yogyakarta saat itu sedang cerah.

Baca Juga : Liburan di Yogyakarta Part 2

Selanjutnya aku akan bahas kemana saja kami pergi, seperti mengunjungi mall, hutan pinus, coba angkringan, dan lainnya. Lanjutannya di Liburan di Yogyakarta 4D3N Part 2 yah 🙂 Pembahasan lebih lanjut mengenai masing-masing destinasi akan dibuatkan per per artikel, sabar ya masih nulis satu-satu lumayan lama euy 😀