Sebelumnya, aku sudah membahas dari persiapan liburan seperti pembelian tiket dan booking hotel di artikel sebelumnya. Terdapat pengalaman aneh dan enggak bakalan aku lupain yang berhubungan dengan ‘bau’ hihihih. So, di artikel ini aku akan bahas beberapa tempat yang aku kunjungi. Diantaranya Plaza Ambarrukmo Mall, Angkringan Tugu Jogja, Malioboro, Hutan Pinus Pengger, dan pindah tempat tinggal yang sebelumnya di Greenhost Boutique Hotel menjadi Mataram City Apartment, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center.

Plaza Ambarrukmo Mall Yogyakarta

Berhubung cuaca saat itu sedang tidak mendukung, alias hujannya deras banget, kami memilih mall terdekat untuk dikunjungi. Plaza Ambarrukmo Mall ini luas banget, entah ada berapa lantai. Terdapat banyak tempat makan disana, salah satunya seperti Pepper Lunch. Ada carrefour juga, Ace Hardware, Informa, toko baju, toko kosmetik, pokoknya lengkap dah. Tetapi yang paling susah disana adalah mencari parkir. Kami sampai benar-benar naik ke parkiran paling atas (alias tanpa atap). Hari itu benar-benar full day kena hujan dah.

Baca Juga : Liburan di Yogyakarta 4D3N Part 1

Di Plaza ini, yang paling buat aku senang adalah ada Starbucks. Walau kecil tapi tetep rame banget. Kebetulan hari itu hari Jumat dan ada promo Buy 1 Get 1. Antrian lumayan panjang juga disana, dan enggak sampai lupa aku beli Starbucks Card edisi Yogyakarta buat nambah koleksi. Berhubung diluar dingin, aku memesan Hot Signature Chocolate sambil nongkrong sebentar di sana. Setelah itu kami berniat mencari angkringan untuk makan malam.

Angkringan Sekitar Tugu Jogja

Di Yogyakarta, terdapat banyak banget angkringan, salah satunya di kawasan Tugu Jogja. Di sepanjang Jl. P. Mangkubumi, sebelah kiri jalan semuanya merupakan angkringan. Sekarang tergantung selera kita, tiap angkringan memiliki menu-menu yang berbeda. Disana juga ada jual sate ayam. Wah pokoknya ini kawasan surga makanan malam hari hahahahaa. Waktu itu aku hanya mengeluarkan biaya sebesar IDR 10.000, benar-benar bisa menghemat dana dengan berbelanja di angkringan.

angkringan tugu jogja

Angkringan Tugu Jogja

Hutan Pinus Pengger

Tempat ini merupakan tempat wisata utama yang paling pengen aku kunjugi, Hutan Pinus Pengger. Hutan Pinus ini terletak di Jl. Dlingo – Patuk, Bantul. Sebenarnya banyak banget ada spot hutan pinus, seperti Puncak Pinus Becici dan Hutan Pinus Imogiri. Sebenarnya sih sama aja, cuma kemarin kami memilih ke Hutan Pinus Pengger. Waktu itu kami berangkat dari Greenhost Boutique Hotel yang memakan waktu sekitar 1 jam, sudah termasuk macetnya dan mampir ke Alfamart. Kebetulan kami mengunjunginya ketika hari sabtu, jadinya lalu lintas kesana lumayan ramai.

hutan pinus pengger

Buah Pinus

hutan pinus pengger

Pintu Masuk

Kami mengeluarkan biaya IDR 10.000 untuk tiket 2 orang dan sudah termasuk parkir mobil. Kami keluar dari mobil sudah disambut dengan udara dingin yang segar. Sayangnya tanahnya agak licin karena kemarin semalaman Yogyakarta diguyur hujan. Jadi perlu hati-hati ketika berjalan disana. Disana aku tidak menemukan buah pinus yang benar-benar mekar, masih agak kuncup. Dannn dari Hutan Pinus Pengger ini, kita bisa menyaksikan keindahan Kota Yogyakarta dari ketinggian, dan beberapa spot foto yang instragramable. Selain itu, kalian akan menemukan seekor kucing berwarna kuning yang polos dan ramah banget. Bisa di ajak selfi juga loh, kalau kesana jangan lupa membawa sedikit makanan kucing untuknya yah 🙂

hutan pinus pengger

Pemandangan dari Hutan Pinus

hutan pinus pengger

Selfie dengan Kucing

Menginap di Mataram City Apartment, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center

Hari kedua kami di Yogyakarta, kami menginap di Mataram City Apartment, The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center yang terletak di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7, Sleman. Lokasinya sangat strategis buat kemana aja, terutama ke jalan utama. Disekitar apartemen terdapat banyak tempat makan dan mini market seperti Indomaret dan Alfamart. Proses check-in juga sangat mudah dibantu dengan Host dari Airbnb. Kami mendapatkan apartemen yang terletak di lantai 11, wow. Kami bisa melihat Yogyakarta dari ketinggian juga. Hanya saja waktu itu wifi di kamar tidak bisa digunakan, sehingga kami menunggu teknisi dulu untuk reset routernya. Kamar ini lengkap dengan dapur, kulkas, dispenser, dan alat masaknya.

the alana yogyakarta hotel convention center

Apartment

the alana yogyakarta hotel convention center

Kitchen

Baca Juga : Liburan di Yogyakarta 4D3N Part 3

Sekian dulu ya ceritanya, lanjut di postingan selanjutnya. Postingan selanjutnya bakalan bahas gimana suasana di Filosofi Kopi, tujuan ke Stonehenge tapi gagal karena hujan lebat dan di ajak muter-muter sama Google Maps, keliling di Jogja City Mall, dan gimana pengalaman kami refund tiket karena perkembangan di cancel. Baca cerita selanjutnya di Liburan di Yogyakarta 4D3N Part 3 yah 😀