Kebetulan dengan adanya Long Weekend, jadi aku dengan ibuku berlibur ke Bali Zoo. Bali Zoo berlokasi di Jl. Raya Singapadu, Banjar Seseh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582. Bali Zoo buka pada pukul 9AM sampai 10PM, karena itu aku berangkat ke Bali Zoo sekitar pukul 1PM dari rumah Denpasar. Hari ini aku agak bangun siang karena kondsi yang kurang fit. Dari rumah aku berangkat melalui Jalan By Pass Ngurah Rai dan menempuh waktu sekitar 49 menit untuk sampai di Bali Zoo.

entrance bali zoo

Selfie in Entrance

lorikeet bali zoo

We Smile with Red Lorikeet

Sesampai disana, kami mengantri untuk membeli tiket. Kami menggunakan KTP Bali dan harga tiket IDR 110.000 per orang dewasa. Bagi yang tidak membawa banyak uang tunai, di Bali Zoo terdapat mesin EDC jadi bisa menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Setelah itu kami mendapatkan tiket, peta, dan rundown acaranya, kami menunjukkan tiket kami ke petugas. Setelah selesai pengecekan tiket, tangan kami di beri stempel Bali Zoo.

entrance bali zoo

Ticket Purchase Counter

Jungle Splash Bali Zoo

Jungle Splash

Sejenak aku meilhat kertas rundown dan informasi yang tertera sangat lengkap. Sudah di informasikan apa saja nama acaranya, lokasinya, dan waktu pertunjukkan. Dalam daftar acara, terdapat 19 acara. Berikut acara-acara yang dapat dinikmati kalau bisa berada dari pagi sampai malam di Bali Zoo :

  • Free Flight Presentation di Kampung Sumatra : 9.30AM – 9.40AM
  • Animal Presentation di Kampung Sumatra Stage : 10AM dan 3PM
  • Snake Keeper Talk di Phyton Exhibit : 9.45AM – 10AM
  • Otter Keeper Talk di Otter Enclosure : 10AM – 10.15AM
  • Cassowary Keeper Talk di Cassowary Exhibit : 10.20AM – 10.30AM
  • False Gharial (Freshwater Crocodile) Keeper Talk di False Gharial Enclosure : 10.40AM – 10.55AM
  • The Exotica Wildlife Presentation di Green Stage : 11.15AM – 11.35AM
  • Tiger Keeper Talk di Bengal Tiger Exhibit : 11.45AM – 12PM dan Night at the Zoo
  • Lemur Keeper Talk di Aviary : 12.15PM – 12.30PM
  • Animal Encounter di Gayo Restaurant : 1.15PM dan 4PM
  • Siamang Gibbon Keeper Talk di Gibbon Island : 1.30PM – 1.45PM
  • Elephant Keeper Talk di Kampung Sumatra : 2PM – 2.15PM
  • Orangutan Encounter di Kampung Sumatra : 2.30PM – 3.30PM
  • Meerkat Keeper Talk di Meerkat Enclosure : 4.45PM – 5PM
  • Elephant Expedition di Kampung Sumatra : 8AM – 5.30PM
  • Elephant Feeding di Kampung Sumatra : 9AM – 4.30PM
  • Petting Zoo di Petting Zoo Area : 9AM – 4PM
  • Tiger, Lion, and Crocodile Feeding di Tiger Exhibit, Crocodile Exhibit, Lion Enclosure : 9AM – 4.30PM
  • Night at The Zoo di Starting Point Area : 5.30PM – 8.30PM
  • Wallaby Keeper Talk di Wallaby Exhibit : Night at The Zoo
  • Wildboar Keeper Talk di Wildboar Exhibit : Night at The Zoo

Shuttle Bus to Kampung Sumatra Bali Zoo

Shuttle Bus to Kampung Sumatra

elephant feeding bali zoo

Elephant Feeding at Kampung Sumatra

Di saat pertama masuk, di sebelah kiri kami dapat melihat beberapa ular besar dan ikan. Sedangkan di bagian kanan, para pengunjung menikmati Jungle Splash. Kebanyakan pengunjung yang menikmati Jungle Splash yang membawa anak-anak. Kami akhirnya berfoto di tulisan Bali Zoo bersama Burung Nuri dan Black Palm Cockatoo. Kami meminta tolong fotografer disana untuk mengambil foto dengan kamera pribadi. Tetapi aku minta meletakkan burung nuri itu di bahuku dan aku mengambil foto sendiri. Seperti biasa, Burung Nuri nya nakal, nyolek-nyolek telingaku hahaha.

Baca Juga : Weekend at Bali Bird Park

Di Bali Zoo terdapat wahana baru yaitu Kampung Sumatra. Belum terlalu banyak yang ada disana karena masih dalam proses pembangunan. Untuk menuju ke Kampung Sumatra, kami harus menggunakan bus. Kami berjalan menuju tempat antri untuk naik ke bus. Kurang lebih sekitar 5 menit kami sudah sampai di Kampung Sumatra. Di tempat pemberhentian terdapat penjual es kelapa muda. Lumayan untuk menghilangkan rasa haus ketika panas terik tadi. Kami berjalan ke Elephant Pool untuk melihat gajah. Disana kami membeli makanan untuk di berikan kepada pada gajah-gajah tersebut seharga IDR 60.000 yang berisi beberapa wortel dan jagung. Rada-rada ngeri juga ngasi makan gajah tapi gajahnya jinak dan bisa di ajak selfie.

elephants bali zoo

smile 😀

elephants bali zoo

Me with The Elephants

Kami juga bertanya-tanya mengenai gajah-gajah yang ada disana. Mereka semua ternyata memang gajah yang asli berasal dari Sumatra. Gajah-gajah yang kami ajak selfie semua berjenis kelamin betina. Ada salah satu gajahnya bernama Ena yang sudah berumur 29 tahun. Wow sudah tua ya, lebih tua 4 tahun dari aku hehehe. Sedangkan gajah jantan yang memiliki gading. Aku lihat dengan jarak dekat ternyata gadingnya gede banget, kalo diseruduk pasti sakit itu ya hahahaa 😀

Buffalo House Terminal Bali Zoo

Buffalo House Terminal

elephant bali zoo

Ena is 4 years Older than Me

Kami melanjutkan perjalanan ke Gayo Restaurant karena ibuku seperti biasa kemana-mana harus mencari toilet. Toilet disana bersih dan banyak. Sepanjang jalan menuju Gayo Restaurant, terdapat taman yang masih sepi dan terdapat Burung Nuri, Black Palm Cockatoo, dan Moluccan Cockatoo. Mereka rada ngantuk dan kepo sih soalnya aku foto-foto dan merekam mereka menggunakan tongsis. Selesai dari toilet, kami menonton pertunjukan Orangutan Encounter di depan Photo Booth yang lokasinya dekat dengan Gayo Restaurant. Terdapat 2 Orangutan yang nakal, suka mengambil topi pengunjung lalu di lempar. Kadang rambut pengunjung juga di tarik-tarik. Aku enggak berani fotoan sama Orangutan, jadi ibuku saja yang berani fotoan dan itupun gelang ibuku hampir di ambil sama Orangutan.

elephant bali zoo

Selfie with Elephant

kampung sumatra bali zoo

Bridge in Kampung Sumatra

Kami berjalan menuju tempat pemberhentian bus. Karena sekitar jam 3PM panas banget, kami membeli 1 buah es kelapa muda seharga IDR 25.000. Lalu kami kembali menggunakan shuttle bus untuk kembali ke Starting Point Area yang terletak di dekat Wantilan Restaurant. Kami niatnya ingin mengambil foto Meerkat tetapi sepertinya mereka sedang bersembunyi, sehingga kami kembali berjalan untuk melihat-lihat binatang lainnya.

Salt Water Crocodile Bali Zoo

Salt Water Crocodile

Guinea Pig Bali Zoo

Guinea Pig

Kami berjalan di samping Wana Restaurant untuk melihat Gloated Cassowary, Saltwater Crocodile, Cairman, Wildboar, False Gharial Asian Forest Tortoise, Sunda Slowrois, Ungko, Kloss Gibbon, Siamang. Beberapa binatang rada susah di foto karena posisi mereka jauh bergelantungan dan aku hanya bermodal kamera smartphone dan tongsis. Jadi rada terbatas untuk mengambil foto mereka huhuhu jadi sedih. Kemudian kami menemukan beberapa binatang seperi Wallaby, White Peafowl, Bali Mynah, Electus Parrot, Bengal Tiger, dan Sunbear. Kebetulan bulu White Peafowl tidak mekar, sepertinya mereka sedang tidur dipojokan. Tadi disana banyak yang selfie dengan Bengal Tiger. Disana yang paling menarik bagiku adalah melihat burung merak yang sayapnya sedang mekar. Cantik banget dah pokoknya dan untungnya saat mengambil foto selfie, bulunya masih mekar.

peacock bali zoo

Selfie with Peacock

Peacock Bali Zoo

Peacock

Yang berhubungan dengan beruang juga yang paling aku suka. Disana terdapat 2 Sunbear, yang satu kesana kemari di bawah sedangkan yang satunya lagi berada di atas. Entah kenapa itu beruang yang duduk di atas seperti beruang yang sedang galau, tetapi wajahnya galau ngegemesin hehehe. Kami berjalan sedikit lagi dan bertemu dengan sebuah persimpangan jalan. Disana terdapat banyak tempat duduk, 1 bale bengong, dan tempat penjualan snack dan minuman. Saking hausnya dan panas banget, kami bersantai sejenak di bale bengong sambil minum lemon tea seharga IDR 10.000. Tersedia juga pop mie dan cemilan lainnya.

Asian Bear Cat Bali Zoo

Asian Bear Cat

Sunbear Bali Zoo

Sunbear

Setelah selesai meminum lemon tea, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Birds Aviary. Di dalam Birds Aviary, terdapat beberapa burung yang terbang bebas seperti Burung Nuri, Burung Beo, Hill Mynah, Green Dove Pigeon, Mouse Deer, dan Kelelawar. Ada binatang yang mirip Racoon, yaitu Ring Tailed Lemur. Aku enggak berani dekat-dekat takut di gigit. Setelah itu kami melihat Victoria Crowned Pigeon yang berasal dari Papua. Aku mengetahui jenis burung ini berasal dari Papua karena sebelumnya aku pernah melihat burung ini di Bali Bird Park.

Black Capped Lory Bali Zoo

Black Capped Lory

Red Lory Bali Zoo

Red Lory

Kemudian kami melanjutkan perjalanan untuk melihat Wreathed Hornbill, Javan Langur, Siamang, Silvery Gibbon, Babi Rusa, Timorensis Deer, Moluccan Cockatoo, Eleodora Cockatoo, Black Palm Cockatoo, dan White Cockatoo. Kepingin banget buat ngelus-ngelus bagian kepala Moluccan Cockatoo. Tetapi aku masih trauma saat ingin memegang Moluccan Cockatoo yang berada di Bali Bird Park, jadi aku hanya mencolek bagian ekornya saja sambil mengajaknya selfie dan bermain.

Ring Tailed Lemur Bali Zoo

Ring Tailed Lemur

Kami akhirnya tiba di lokasi Petting Zoo. Disana pengunjung bisa memberikan makanan langsung ke binatang-binatang yang ada. Untuk dapat memberikan makanan, kita dapat mengeluarkan uang sebesar IDR _ untuk sayur-sayuran. Lanjut lagi kami berjalan dan kami berada di Gibbon Island. Disana terdapat Plaza untuk berbelanja souvenir, Nursery & Animal Clinic, dan Pony Ride. Pengunjung dapat berjalan-jalan menaiki kuda poni tetapi diperuntukkan hanya anak kecil saja. Biaya untuk menaiki kuda poni IDR 30.000.

Petting Zoo Bali Zoo

Petting Zoo

Wantilan Restaurant Bali Zoo

Wantilan Restaurant

Kami berjalan sedikit lagi dan bertemu dengan Asian Bear Cat dan semuanya dalam keadaan tidur. Hahahah jujur aku bingung caranya mengambil foto mereka. Ingin membangunkan mereka tetapi kasihan soalnya melihat mereka tidur nyenyak. Lanjut kami melihat Bengal Tiger. Awalnya Bengal Tiger tersebut tidur pulas, tetapi ada petugas yang membawakan makanan sehingga ia terbangun. Kita juga bisa langsung memberikan makanan dan mengeluarkan biaya sebesar IDR 60.000. Kami kemudian berjalan untuk kembali pulang dan melihat Bengal Tiger lainnya sedang berendam di kolam. Hmm wajahnya menunjukkan ekspresi adem banget berendam di kolam wkwkwkw.

Meerkat Bali Zoo

Meerkat

bengal tiger bali zoo

Bengal Tiger was Sleeping

Satu lagi hewan yang lucu bagiku. Mirip kelinci tetapi bukan kelinci. Mungkin juga mirip dengan hamster, yaitu Guinea Pig. Disaat aku merekam mereka, salah satunya ada yang sadar kamera banget hahaha. Aku sampai mengeluarkan tongsis yang lebih panjang agar bisa mengambil foto mereka dan ber-selfie ria dengan mereka.

moluccan cockatoo bali zoo

Selfie with Moluccan Cockatoo

shuttle bus bali zoo

In Shuttle Bus to Kampung Sumatra

Okeh inilah ceritaku berjalan-jalan di Bali Zoo. Aku harap segera ya perbaikan-perbaikan yang sedang berlangsung segera selesai. Binatang-binatang yang disana juga di perbanyak lagi. Pertunjukan-pertunjukannya juga sepertinya perlu di tambahkan. Tambahkan juga beberapa tempat penjualan minum terutama, karena di Bali Zoo cukup panas. Untuk informasi lebih lanjut seperti Packages bisa mengunjungi website resmi Bali Zoo. Atau untuk mempermudah dapat langsung mengirim pesan di Instagram @balizoo.

bali zoo

Say chiizzzz

Bali Zoo

Selfie with Mom in Bali Zoo