Sebelumnya aku sudah membahas mengenai persiapan-persiapan yang aku lakukan untuk Trip to Singapore ini. Dari pembelian tiket, pemilihan hotel, dan tempat-tempat wisata yang kami kunjungi seperti Singaore Flyer dan Snow City yang terletak di Jurong East. Pada bagian ini, aku akan menceritakan kunjunganku ke berbagai tempat seperti Armenian Church yang letaknya sangat dekat dengan Peninsula Excelsior Hotel, Sidewalk yaitu tempat makan yang paling dekat dengan hotel, Merlion Park, Sentosa Island, dan masih banyak lagi.

8. Armenian Church dan Sidewalk

Pertamanya aku enggak ngeh kalau Armenian Ch Bus Station tepat di seberang hotelku. Berjalan ke hotel hanya 2 menit saja dan menyebrang sebanyak 2 kali. Jadi setiba kami di Armenian Church, kami segera selfi ria dulu. Kami melihat ada burung besar dan aku kurang tahu jenis burung apa itu. Pokoknya polos dan besar banget, dan Armenian Church ini emang cocok dipakai foto-foto. Setelah puas berfoto-foto, kami mencari makan siang tepat di sebelah hotel ada semacam food court yang bernama Sidewalk.

Armenian Church

Armenian Church

Di Sidewalk ini terdapat Chinese Food, juga ada seperti nasi lemak. Bagi yang mau makan sehat seperti buah dan jus juga ada disana. Biasanya disana aku membeli BBQ Pork Fried Rice seharga SGD 4.50 dan lemon tea ice seharga SGD 2.60. Karena di Singapore harga air mineralnya mahal, kemarin aku beli di Sidewalk air mineral ukuran 1.5L seharga SGD 1.8 . Selain itu aku juga pernah coba Char Siew Fried Wonton Mee seharga SGD 4 dan rasanya lumayan enak. Setelah kami membeli makan, kami kembali ke hotel untuk beristirahat dan mandi.

Sidewalk Food Place

Sidewalk Food Place

9. Merlion Park & Marina Bay Sands

Kami berangkat ke Merlion Park sekitar pukul 07.45 PM karena keadaan diluar baru mulai gelap. Merlion Park terletak di 1 Fullerton Road, Singapore 049213. Kami memutuskan berangkat dari hotel menuju Merlion Park dengan berjalan kaki. Perjalanan menempuh waktu selama kurang lebih 10 menit. Setiba disana, di Merlion Park sangat ramai dipenuhi dengan para wisatawan. Pada malam hari, patung Merlion disoroti dengan lampu-lampu sehingga terlihat lebih bagus. Di Merlion Park juga ada jembatan baru sehingga sangat cocok untuk mengabadikan moment dengan latar Merlion Park dan Marina Bay Sands.

Baca Juga : Trip to Singapore Part 1

Kebetulan saat kami berada disana, ada atraksi Wonder Full dari Marina Bay Sands. Atraksi itu menampilkan perpaduan musik, cahaya, dan lampu laser yang berasal dari Marina Bay Sands. Aku dan para wisatawan yang lain juga mengabadikan moment itu dengan foto dan video. View yang bagus juga bisa diambil ke arah Singapore Flyer, Esplanade, dan gedung-gedung tinggi yang penuh cahaya. Di sana juga bisa mengadakan tour dengan perahu sambil menikmati keindahan di Marina Bay.

Victoria Theatre

Victoria Theatre

At Merlion Park

At Merlion Park

Setelah puas kami mengambil foto dan video, kami memutuskan pulang pada pukul 10.30pm dengan berjalan kaki. Waktu tempuhnya juga sama kurang lebih 10 menit dan menggunakan jalan yang sama. Kami melewati beberapa gedung seperti National Gallery Singapore, Former Parliament Hoise and Annex Building, dan Victoria Theatre & Concert Hall. Dengan adanya gedung-gedung itu kami bisa mengambil selfie atau hanya mengambil foto untuk gedung itu. Setiba di hotel kami langsung beristirahat untuk mempersiapkan diri untuk esok hari menuju S.E.A. Aquarium di Sentosa Island.

Merlion Park

Merlion Park

10. S.E.A. Aquarium di Sentosa Island

Dari dulu kalau mau liburan ke Singapore pengen banget ke Sentosa Island, benernya pengen ke Universal Studio Singapore (USS). Cuma setelah aku searching terdapat permainan apa aja, dan secara pribadi aku enggak terlalu suka. Akhirnya, kami memilih untuk mengunjungi S.E.A. Aquarium. S.E.A. Aquarium merupakan singkatan dari South East Asia Aquarium, memiliki lebih dari 800 spesies hewan laut. Disini jga terdapat ikan pari manta raksasa, kerapu goliath, napoleon wrasse, ikan hiu, dan ikan-ikan lainnya. Aquarium ini juga mendapatkan penghargaan yaitu World’s Largest Aquarium dan World’s Largest Acrylic Viewing Panel.

S.E.A Aquarium berlokasi di Resorts World Sentosa, tepatnya di 8 Sentosa Gateway, Singapore 098269. Kami membeli tiket masuk S.E.A. Aquarium menggunakan Groupon Indonesia dan kami menghubungi Cebu Air Travel untuk dikirimkan e-ticket via email. Paket yang kami beli sudah termasuk tiket masuk ke S.E.A Aquarium dan tiket Cable Car 2 kali (pulang pergi). Kami membeli paket tersebut untuk 2 orang sebesar IDR 750.000.

Sekitar pukul 9.30am kami berangkat dari hotel menuju St. Andrew’s Cath Bus Station kurang lebih selama 2 menit. Sesampainya di St. Andrew’s Cath Bus Station, kami naik bus dengan nomor 61 Bt Batok Int dan turun di Vivo City Bus Station yang memakan waktu kurang lebih 15 menit. Setelah tiba disana, kami langsung mencari loket pembelian tiket Cable Car. Karena kami sudah memiliki vouchernya, kami hanya menunjukkan e-ticket tersebut kemudian kami diberikan tiket fisik Cable Car. Naik cable car sepertinya hanya 7 sampai 10 menit, dari atas kami melihat pemandangan laut dan kapal yang sangat indah.

Sentosa Island

Sentosa Island

In Cable Car to Sentosa Island

In Cable Car to Sentosa Island

S.E.A. Aquarium

S.E.A. Aquarium

Setelah itu kami mencari Imbiah Lookout Bus Station dan naik Bus 2 untuk tujuan S.E.A. Aquarium. Letak S.E.A. Aquarium tepat di seberangnya Universal Studio Singapore. Di pintu masuk hanya menunjukkan e-ticket dan kami sudah diberikan ijin masuk. Benar-benar banyak sekali ikan, waktu itu aku dokumentasikan semua ikan-ikan yang ada disana sampai storage smartphoneku full dan baterai habis. Syukur aku membawa flashdisk On The Go dan Powerbank. Untuk mengelilingi semua jenis ikan enggak cukup waktu 1 jam, menurutku mungkin 3 sampai 4 jam baru rasanya benar-benar puas.

Setelah kami puas berada di S.E.A. Aquarium, kemudian kami numpang foto di bola dunia Universal Studio Singapore. Setelah itu kami turun lagi mencari Bus 2 untuk kembali mencari Imbiah Lookut Bus Station dan kami membeli Subway untuk makan siang yang terlambat. Selama kami nongkrong di Subway, ada burung merak bersama 2 anaknya. Sayangnya salah satu anaknya sakit, semoga segera sembuh ya anaknya agar bisa tumbuh besar seperti ibunya. Selesai makan kami kembali mencari Cable Car dan pulang menggunakan MRT. Jadinya kami naik dari Harbour Front menggunakan North East Line dan kami berpindah kereta di Outram Park menggunakan Jalur East West Line. Melewati Tanjong Pagar dan Raffles Place, kemudian turun di City Hall. Berjalan kurang lebih 3 menit untuk sampai di Peninsula Excelsior Hotel.

Sebenarnya kami tadinya tidak makan langsung di Subway, kami lebih memilih makan di hotel saja sekalian bersantai ria. Kami beristirahat kurang lebih selama 2 jam kemudian kami berpikir bahwa hari ini harus berbelanja. Kami memilih lokasi untuk berbelanja adalah Chinatown sekaligus kami makan malam disana.

11. Chinatown

Kami berangkat ke Chinatown dari hotel kurang lebih pada pukul 8pm menggunakan bus. Bus Station terdekat adalah Grand Pk City Hall, kami berangkat dari sana menggunakan bus dengan nomor 190 New Bridge Rd Ter dan turun di Chinatown Pt Bus Station. Kemudian kami berjalan selama 2 menit dan sampailah di jalan Pagoda yang tepat berada di jalan keluar MRT Chinatown Station. Kami langsung mencari Chinese Seafood Restaurant untuk makan malam disana. Waktu itu kami makan (aku dengan ibu) hanya 1 nasi goreng yang lupa namanya apa karena pakai bahasa china, 1 fried wonton, dan 2 lemon tea sudah SGD 29.05 hahaha πŸ˜€

Kemudian aku dan ibu pisah dengan temanku untuk berbelanja oleh-oleh. Disana yang bisa dibeli seperti tas-tas dengan desain tulisan maupun gambar Singapore, tas untuk koin, kaca, dendeng, dan camilan-camilan. Tetapi aku tidak langsung membeli semuanya di Chinatown, karena keesokan hari akan jalan-jalan juga di Bugis. Kemudian kami kembali sekitar pukul 10pm menggunakan bus, tetapi kami harus menyebrang menggunakan jembatan penyebrangan. Kami berangkat dari People’s Pk Cplx Bus Station, lupa menggunakan bus nomor berapa, yang pasti untuk kembali ke hotel dapat menggunakan bus bernomor 33, 61, 63, 80, atau 197 dan kami turun di Armenian Ch Bus Station.

China Town

China Town

Bugis Street

Bugis Street

12. Bugis Street dan Bugis Junction

Pada hari ke 4 kami agak santai karena tujuannya hanya untuk berbelanja saja di pagi hari sampai siangnya. Kami dari hotel menuju Bugis Street menggunakan bus. Kami berangkat dari Armenian Ch Bus Station dan berhenti di Opp Bugis Junction Bus Station. Disana kami berkeliling-keliling, dan harganya jauh lebih murah dari Chinatown. Cocok banget yang ingin membeli oleh-oleh seperti baju, makanan, coklat, dan tas. Bahkan disana aku dengan ibu sampai membeli koper untuk khusus tempat oleh-oleh.

Dari Bugis Street kami menyebrang jalan menuju ke Bugis Junction untuk mencari MRT Bugis. Sebenarnya kami bisa makan siang di Bugis Junction karena disana ada food court dengan banyak makanan. Cuma aku lebih memilih makan siang di samping hotel saja. Jadi kami naik MRT Bugis dan turun di City Hall Station.

13. Orchard Road

Tujuan utama kami ke Orchard Road adalah untuk melihat-lihat dan mencari Singapore Ice Cream. Sama sekali tidak ingin berbelanja disana. Kami berangkat dari City Hall Station dan turun di Orchard Station menggunakan MRT. Kami menggunakan jalur warna merah North South Line, tanpa perlu berpindah dari satu train ke train lainnya. Setiba disana yang kami cari adalah toilet, jadi kami berjalan dulu masuk ke gedung Wisma Atria Mall. Balik dari toilet, aku disana membeli iRing sebanyak 3 buah seharga SGD 10. Karena teringat bedak habis, jadinya kami mampir ke Etude House.

Kemudian kami mencari penunjuk arah untuk ke Orchard Road. Setiba kami diluar, ternyata kami berada tepat di tengah-tengah Wisma Atria dan ION Orchard. Dan langsung bertemu dengan penjual Singapore Ice Cream. Harga 1 eskrimnya SGD 1.20 dan bisa pilih menggunakan roti atau cup. Aku dan ibuku membeli Singapore Ice Cream rasa coklat dengan roti, sambil kami nongkrong dulu lihat-lihat disana ada apa saja. Di depan Wisma Atria ada perlombaan dan depan ION Orchard ada pertunjukan seorang anak muda. Berhubung eskrimnya tebel banget, jadinya kami nonton itu dulu sekalian menghabiskan eskrimnya.

Marina Bay Sands from Super Tree Grove

Marina Bay Sands from Super Tree Grove

Super Tree Grove

Super Tree Grove

14. Garden By The Bay

Eskrim pun akhirnya habis dan kami melanjutkan perjalanan menuju Garden by The Bay menggunakan MRT. Tujuan MRT berikutnya adalah Bayfront Station. Pertama kami menggunakan jalur warna merah North South Line dengan tujuan Marina South Pier. Tiba di Marina Bay Station, kami berpindah menggunakan jalur warna kuning yaitu Circle Line dan baru bisa tiba di Bayfront. Dari Bayfront kami berjalan kurang lebih 10 menit untuk tiba di Gardens By The Bay. Disana sangat banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi.

Sebelumnya aku sudah searching di website resmi Garden By The Bay. Dengan taman yang seluas 101 hektar itu terdapat beberapa tempat yang bisa dikunjungi, seperti Supertree Grove, Flower Dome, Cloud Forest, OCBC Skyway, Far East Organization Children’s Garden, Bay East Garden, Dragon Fly & Kingfisher Lakes, Heritage Garden, World of Plants, The Canyon, Sun Pavilion, dan Art Sculpture. Tetapi kali ini tujuanku ingin ke 3 tempatnya saja karena keterbatasan waktu, yaitu Flower Dome, Cloud Forest, dan Supertree Grove.

Baca Juga : Trip to Singapore Part 3

Dari semua tempat yang telah aku ceritakan diatas, ada 2 tempat wisata yang paling aku suka yaitu S.E.A. Aquarium dan Garden By The Bay. Aku harap bila dapat berlibur kembali ke Singapore, aku bisa mengunjungi tempat-tempat itu dan memakan waktu yang lebih disana. Apalagi tempat tersebut sangat cocok dikunjungi bila kita liburan bersama keluarga. Pada bagian berikutnya aku akan membahas tempat wisata Flower Dome yang terletak di Gardens By The Bay, tempat makan yang terjangkau di Changi Airport, pengalaman berbelanja di Duty Free, dan Β yang lainnya pada Trip to Singapore Part 3.