15. Supertree Grove

Kami tiba di Gardens By The Bay sudah malam kurang lebih sekitar jam 8pm, padahal niat awal kami akan ke Flower Dome terlebih dahulu baru ke Supertree Grove. Tetapi mengingat kalau jam terakhir pembelian tiket ke Flower Dome adalah pukul 8pm dan Flower Dome akan tutup pukul 9pm, maka kami memilih untuk malam ini hanya menikmati Supertree Grove. Mengunjungi Flower Dome esok hari setelah breakfast di hotel. Keluar dari Bayfront Station, kami berjalan ke arah tangga menuju Marina Bay Sands hotel, karena dari sana para pengunjung dapat mengambil foto dengan latar Supertree Grove maupun Singapore Flyer.

Marina Bay Sands from Super Tree Grove

Super Tree Grove

Setelah itu kami turun lagi dan berjalan melewati jembatan yang lumayan panjang. Di jembatan ini cocok banget dipakai selfie juga karena latar Singapore Flyer, gedung-gedung tinggi, dan Supertree Grove. Terdapat bunga-bunga juga di jembatan itu, yang suka fotografi cocok buat foto-foto bunganya. Akhirnya kami tiba di Supertree Grove, dan atraksi lampu-lampu dengan lagu sudah setengah jalan. Jadinya aku hanya merekam sedikit atraksi itu, dan namanya juga Supertree. Pohonnya tuinggiiiiiii banget, yang buat terlihat menarik adalah adanya lampu yang indah di Supertree itu. Kemudian juga ada seperti patung Dinosaurus yang bergerak dan banyak anak-anak yang mengambil foto dengan latar itu. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 9.30pm dan kami belum makan malam. Disana juga terdapat semacam food court tetapi tidak terlalu banyak dan kami memutuskan untuk membeli makan malam disana.

Baca Juga : Trip to Singapore Part 1

Diantara beberapa restoran yang ada, kami memilih fast food dengan pertimbangan biar bisa cepet pulang ke hotel. Tetapi apa daya, nyatanya aku mengantre selama 40 menit di Texas Chicken dan makanan harus di take away karena restoran mau tutup. Akhirnya kami kembali mencari CE1 Bayfront MRT menggunakan jalur Circle Line denfan tujuan CE2 Marina Bay. Disana kami pindah kereta yang menggunakan jalur warna merah yaitu North South Line, dan kemudian kami turun di NS25 City Hall station. Sekitar pukul 10.45pm kami baru tiba di hotel dan baru makan malam hahaha. Kemudian kami segera tidur agar esok waktu cukup banyak untuk menikmati keindahan bunga-bunga yang ada di Flower Dome Conservatories.

16. Flower Dome & Cloud Forest Conservatories

Sekarang sudah tanggal 12 Maret 2017, kami baru bangun tidur sekitar pukul 6.30pm. Kami langsung packing sebisa kami, terutama barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi seperti pakaian bekas maupun pakaian bersih. Oleh-oleh yang kami beli sudah di packing kemarin sore, jadi setidaknya pekerjaan kami lebih ringan di pagi itu. Aku pagi itu pakai acara cuci rambut karena rambut lepek banget. Jadinya kami hanya ada waktu hanya 25 menit untuk sarapan pagi di Lantai 5, Coleman’s Cafe. Lalu kami bergegas untuk jalan kaki ke City Hall Station yang kurang lebih sekitar 3 menit.

Sesampainya di City Hall Station, kami langsung mengambil jalur merah yaitu Nort South Line. Kereta yang kami tumpangi memiliki tujuan akhir di NS28 Marina South Pier. Tetapi kami turun di NS27 Marina Bay untuk pindah kereta yang menggunakan jalur kuning yaitu Circle Line. Kami turun di pemberhentian pertama CE1 Bayfont Station, kemudian kami berjalan kurang lebih 10 menit untuk sampai di loket pembelian tiket. Kami tiba di loket pembelian tiket kurang lebih pada pukul 9.30pm.

Waktu itu aku ditanyakan apakah mau ke salah satu tempat (mau ke Flower Dome atau Cloud Forest), atau mau keduanya. Karena aku yakin banget waktu kami sangat mepet, jadinya aku hanya memilih ke Flower Dome saja. Untuk masuk ke salah satu tempat tersebut dikenakan biaya SGD 16 per orang. Ternyata disana juga ada shuttle bus yang bisa mengantar kita dari satu tempat ke tempat lainnya. Waktu itu mbak yang bertugas mengatakan bila berjalan kaki akan sampai di Flower Dome antara 15 sampai 20 menit. Ampun dah, aku lebih memilih untuk menggunakan shuttle bus karena waktu yang kami punya sangat singkat. Biaya yang dikenakan perorangnya adalah SGD 3 dan unlimited untuk menaiki shuttle busnya.

Flower Dome Tickets

Selfie with Sakura

Di saat pertama masuk ke tempat Flower Dome Conservatory, udaranya yang sejuk itu langsung berhembus dan sudah disapa dengan bunga sakura yang sangat cantik. Disana ada banyak banget taman dan beraneka jenis bunga. Jadi siapkan kamera atau smartphone kalian agar baterai enggak habis, dan storage kalian biar enggak kepenuhan hehehe. Disana terdapat beberapa taman seperti Australian Garden, South African Garden, Californian Garden, Olive Grove, Mediterranean Garden, South American Garden, Flower Field, The Baobabs, dan Succulent Garden.

Kebetulan disaat aku mengunjungi Flower Dome Conservatory terdapat Blossom Bliss Event, dimana kami dapat melihat bunga sakura yang bermekaran. Disana banyak banget ada jenis bunga sakura, yaitu Prunus Accolade, Prunus Autumnalis, Prunus Fujishidare, Prunus Autumnalis Pendula, Prunus Fukubana, Prunus Kikushidare, Prunus Yedoensis, Prunus Okame, dan Prunus Snow Fountain. Banyak yang antri untuk berfotoan dengan bunga-bunga ini. Dan selama sejam disana, aku belum sempat ke bagian Succulent Garden karena harus kembali ke hotel untuk check out. Menurutku selama disana, dingin banget sampa-sampai hidungku meler banget.

Kami kembali lagi mencari CE1 Bayfront MRT untuk kembali ke NS25 City Hall. Pertama kami mengambil jalur berwarna kuning Circle Line, kemudian kami turun di pemberhentian pertama di CE2 Marina Bay untuk berpindah kereta menggunakan jalur berwarna merah North South Line. Pada pemberhentian 2 kami turun di NS25 City Hall Station. Kami cepat-cepat berjalan menuju hotel karena waktu check out terakhir adalah pukul 12pm.

17. Perjalanan ke Changi Airport Terminal 3

Kami check out pada pukul 12.15pm, kemudian bagian reservasi memproses pengembalian dana deposit sebesar SGD 200. Sebelum kami berjalan menuju EW13 City Hall station, kami membeli makanan favorit kami selama berada di Singapore, yaitu BBQ Pork Fried Rice untuk kami bawa ke Denpasar hahaha. Kebetulan tidak ramai pada jam segitu di hari minggu. Setelah itu kami berjalan kaki menuju EW13 City Hall. Selama perjalanan kesana, kami ditemani dengan hujan rintik-rintik ciyeee hahaha. Suasana disana agak sejuk saat itu karena dari pagi memang sudah hujan lebat.

Untuk perjalanan ke Changi Airport, kami menggunakan kereta dengan jalur berwarna hijau yaitu East West Line dengan tujuan ke Pasir Ris atau Changi Airport. Pada pemberhentian ke 9 di EW4 Tanah Merah station, kami turun dan berpindah kereta untuk ke CG2 Changi Airport. Karena kereta yang kami naiki sebelumnya memilik tujuan akhir di EW1 Pasir Ris station. Kemudian tidak sampai 5 menit kami sudah sampai di CG2 Changi Airport. Kami menggunakan lift untuk ke International Departure Terminal 3 Changi International Airport. Lalu kami melihat di layar bahwa Garuda Indonesia berada di Row 5.

Saat kami berjalan ke Row 5, kami melihat ada beberapa hal seperti ada layar yang dapat memberikan informasi-informasi di Terminal 3 Changi Airport hanya dengan scan barcode yang terdapat pada boarding pass kita. Begitupun juga untuk menggunakan wifi yang terdapat di airport secara gratis. Cukup dengan scan paspor kita, kemudian sistem akan memberikan password agar dapat menggunakan fasilitas gratis wifi.

Di Row 5, satu deret itu semua checkin counter oleh Garuda Indonesia. Kami menyerahkan 1 bagasi kami yang besar itu, 2 bagasi lainnya kami akan bawa ke kabin. Pihak Garuda Indonesia memberikan boarding pass, bukti penyerahan bagasi, dan 1 lembar Custom Declaration untuk diserahkan di Bea Cukai setiba di Indonesia. Aku kemudian bertanya kenapa kami hanya di berikan 1 lembar? Karena seingatku kemarin pulang dari Malaysia kami masing-masing diberikan lembaran Custom Declaration tersebut. Ternyata aku baru ngeh, bila kita membawa keluarga, maka cukup 1 lembar saja. Kemudian pihakGaruda Indonesia juga menginfo bahwa belum ada informasi untuk penerbangan ke Denpasar menggunakan Gate berapa, kami diminta untuk masuk ke dalam Terminal 3 dan melihat informasi selanjutnya disana.

Baca Juga : Trip to Singapore Part 2

Karena kami sangat lapar, kami langsung masuk saja ke dalam dan melewati bagian Imigrasi Singapore. Disana terdapat Auto Gate dan aku langsung menanyakan apakah bisa kami menggunakan Auto Gate karena kami menggunakan e-passport? Lalu petugas itu bertanya lagi apakah saat kedatangan kami di sini, sudah dilakukan scan sidik jari? Aku kemudian menjawab bahwa saat kami masuk Singapura, kami tidak diminta untuk scan sidik jari. Lalu petugas mekatakan bahwa aku tidak bisa menggunakan Auto Gate karna hal itu, jadinya kami melewati yang jalur biasa. Sebagian kertas kartu imigrasi juga diambil oleh pihak imigrasi.

18. Singapore Food Street di Terminal 3 Changi Airport

Setelah melewati bagian imigrasi, ada 2 pilihan jalan yaitu ke kiri dan ke kanan. Ke kanan untuk Gate B1-B10 & C1 C20 C22 dan ke kiri untuk ke Gate A1-A21. Lalu aku scan barcode yang terdapat di boarding pass ku, dan ditampilkan informasi jam boarding menggunakan Gate A18. Tetapi kami memilih jalan ke kanan untuk mencari Food Court di Lantai 2, yaitu Singapore Food Street. Disana juga ada Burger King, cuma ibuku waktu itu ingin mencoba makanan yang ada di Singapore Food Street. Untuk berbelanja disana, pertama aku harus memberi kartu non tunai dan bisa di top up sesuai keinginan. Waktu itu aku hanya mengisi saldo sebesar SGD 24 dan ternyata kartunya bisa dikembalikan. Artinya sisa uang yang terdapat dikartu bisa di kembalikan.

Singapore Food Street

Berhubung tulisan di setiap menu nya berbahasa cina, dan sudah ada tulisan latinnya tetep susah dibaca, jadinya waktu itu aku hanya menyebutkan menu nomor 7. Menu 7 berisi sayur, daging ayam, dan daging babi yang uenakkkk banget yang seporsinya SGD 10. Aku membeli 1 minuman lemon tea seharga SGD 3. Kurang lebih selama 1 jam aku dengan ibu nongkrong disana, apalagi toilet deket banget sama tempat makan, jadi kami bersantai-santai dulu sambil cerita-cerita tentang Flower Dome Conservatory yang berada di Gardens By The Bay. Jika kami ke Singapore lagi, yang harus kami kunjungi adalah Gardens By The Bay lagi hahaha.

19. Gate A18 Terminal 3 Changi International Airport

Setelah kami dari toilet, kami berjalan ke arah Gate A18 yang lumayan jauh. Niat kami awalnya mau ngopi dulu tapi karena takut telat jadinya kami memilih untuk langsung ke Gate. Tetapi saat kami melewati Duty Free, aku iseng-iseng aja melihat parfum kesayanganku yaitu Cherry Blossom nya L’occitane. Harganya yang pasti lebih rendah dibandingkan harga di Denpasar, jadinya aku beli itu disana. Aku mendapatkan struk dari Duty Free dan parfum di masukkan pada plastik klip. Waktu itu mengantri lumayan lama sekitar 30 menit karena banyak banget orang berbelanja di Duty Free. Sampai-sampai aku dipindah ke kasir yang lain yang akhirnya lebih cepat untuk melakukan pembayaran.

Boarding Pass SIN-DPS

Kami melanjutkan perjalanan menuju Gate A18. Ternyata untuk kesana bisa menggunakan Sky Train khusus ke A11 sampai A20. Karena waktu untuk boarding tinggal 20 menit lagi, jadi kami cepat-cepat untuk naik Sky Train. Kurang lebih naik Sky Train selama 5 menitan, kemudian kami jalan kuran lebih 5 menit untuk sampai ke pengecekan barang sebelum masuk ke Gate A18. Karena dulu pernah pengalaman air mineral di buang saat pengecekan x-ray, jadinya sebelum itu aku sudah minum dulu dan aku buang, karena emang kita enggak boleh bawa air. Hanya menunggu sekitar 10 menit, kami sudah di panggil untuk boarding.

20. Perjalanan SIN – DPS Garuda Indonesia GA841 12 Mar 2017

Perjalanan menuju Denpasar diinformasikan akan menempuh waktu selama 2 jam 50 menit. Masih sama seperti penerbangan dari Denpasar ke Singapore, pihak pramugari tidak membagikan permen kepada penumpang. Syukur masih ada sisa permen kemarin, jadinya saat take off dan landing aku hanya bermodal permen dan menguap agar telinga enggak sakit. Cuaca di Singapore adalah agak mendung dan baru saja selesai hujan, jadinya udara agak sejuk.

GA841 SIN-DPS

Pramugari kemudian membagikan makanan dan kali ini pilihannya adalah ikan atau ayam. Syukur banget kali ini ada ayam dan ada nasinya. Minumannya seperti biasa bisa memilih wine, kopi, susu, coca-cola, dan jus jeruk. Seperti biasa, favoritku adalah jus jeruk. Pokoknya makanan kali ini enak banget dah. Karena hari ini merupakan hari yang sangat melelahkan, maka aku enggak ngapa-ngapain selama penerbangan. Aku dan ibu lebih memilih istirahat selama perjalanan. Selama penerbangan juga terdapat turbulensi yang lumayan karena cuaca.

21. Kedatangan di Ngurah Rai International Airport

Akhirnya kami tiba di Denpasar kurang lebih sekitar pukul 8pm. Aku lihat landasan yang ada di Ngurah Rai International Airport sudah basah, berarti sebelumnya di Denpasar sedang hujan. Lalu kami melewati bagian imigrasi dengan menunjukkan paspor dan mengambil antrian khusus untuk Warga Negara Indonesia. Setelah kami mendapatkan stempel imigrasi, kami kemudian mengambil bagasi tercatat kami dan melewati bagian Bea Cukai. Kami mengambil jalur hijau dan menyerahkan lembaran Custom Declaration kepada petugas. Kami langsung memesan taksi untuk pulang ke rumah. Bahkan setiba dirumah, hujan turun sangat lebat dan suasana sangat cocok untuk melanjutkan istirahat.

Sekian yang bisa aku ceritakan mengenai pengalaman kedua ku untuk berlibur di Singapore. Sebenarnya ada juga beberapa tempat yang ingin aku kunjungi yang belum kesampaian. Misalkan seperti ke Cloud Forest dan Dragon Fly di Gardens By The Bay. Flower Dome juga belum puas banget kesana. Ingin berbelanja banyak di Toko Fragrance yang terdapat di Chinatown, tepat di jalan keluar dari MRT Chinatown. Menghabiskan waktu di Resort World Sentosa juga seharian full pengennya. Wahhhh semoga kesampaian di next trip to Singapore untuk ketiga kalinya yah πŸ™‚