Ceritanya lagi mumet dan pengen banget refresh dengan melihat keindahan alam, antara pengen jalan-jalan ke pantai, tempat yang sejuk banyak pepohonan, dan sampailah kepikiran pengen ke kebun binatang. Awalnya bingung mau ke Bali Zoo atau ke Bali Bird Park. Tapi pada akhirnya aku memilih ke Bali Bird Park dulu, di lain waktu akan ke Bali Zoo. Kebetulan aku nya emang demen banget sama binatang, jadi yaudahlah ya sekali-sekali jalan-jalan ke taman burung di Bali mumpung hari sabtu libur.

Blue & Gold Macaw Bali Bird Park

Blue & Gold Macaw

Moluccan Cockatoo Bali Bird Park

Moluccan Cockatoo

Lokasi Bali Bird Park terletak di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582. Untuk informasi harga tiketnya aku tanyakan langsung menggunakan direct message di Instagram Bali Bird Park yaitu @balibirdparkofficial. Respon admin Instagram Bali Bird Park juga bagus, memberikan informasi dengan cepat dan cukup jelas. Harga tiket masuknya IDR 150.000 untuk dewasa dan IDR 75.000 untuk anak-anak berumur 2 sampai 12 tahun. Harga tiket tersebut untuk kunjungan 1 hari dan seluruh pertunjukan yang diadakan di Bali Bird Park sekaligus ke Reptile Park.

Galah Cockatoo Bali Bird Park

Selfie With Galah Cockatoo

Green-Winged Macaw Bali Bird Park

Green-Winged Macaw

Langsung aja hari sabtu ini dan kebetulan awal bulan, 1 April 2017 berangkat ke Bali Bird Park. Berangkat dari Denpasar menuju Bali Bird Park kalau lancar mustinya 40 menit, tapi karena saat itu terjebak macet sekitar sejam baru sampai. Tiba disana gak usah khawatir masalah parkir, sudah ada security yang mengatur kita akan parkir dimana. Aku langsung aja menuju ke loket pembelian tiket dan kemudian ditanha aku berasal dari mana. Kemudian diminta menunjukkan KTP Bali agar mendapatkan harga khusus untuk warga Bali. Biaya yang aku keluarkan IDR 80.000, bila ingin ke Reptile Park katanya bisa membeli langsung tiketnya disana. Pembayarannya juga bisa non tunai kok, jadi bisa menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Proses pembayaran tiket menggunakan kartu kredit selesai, kami diberikan tiket dan 1 lembar peta Bali Bird Park.

Military Macaw Bali Bird Park

Military Macaw

Australian Pelican Bali Bird Park

Selfie with Australian Pelican

Dari peta yang aku dapatkan, di dalam Bali Bird Park terbagi beberapa lokasi seperti Bali Aviary, Birds of Paradise, Wallacea Moluccas & Eastern Islands, South America, Bali Rainforest, Africa, Sumatera, Borneo, Java, dan Papua. Informasi lainnya juga adalah jadwal pertunjukan seperti Papua Rainforest Feeding, Lory Feeding, Pelican Feeding, The Komodo Experience, Basic Instinct (Bird of Prey Show), Bali Rainforest (Free Flight Bird Show), Meet The Bird Stars (Bali Starling Restaurant), Guyu Guyu Corner (Hands of Bird), dan 4D Cinema.

Hyacinth Macaw Bali Bird Park

Hyacinth Macaw

Setelah mendapatkan tiket, aku langsung masuk dan sudah bertemu dengan burung Kakatua yang besar banget. Waktu itu ada bule yang berani megang dan mengelus burung itu. Si Kakatua itu manja-manja gimana itu, sampai-sampai kami ketawa-ketawa. Tetapi giliran aku yang mau pegang, eh malah di patok ?. Enggak sampai luka sih cuma ya lumayan sakitnya sampai besoknya hahaha. Terus Kakatua itu bergaya ala ala burung kelelawar tidur, sambil meremin mata cuma ya aku takut kan jadi cuma tak ajak selfie aja haha.

Flamingo Bali Bird Park

Flamingo

Lanjut aku ketemu sama burung Parrot yang besar banget. Kalau enggak salah jenisnya Macaws Parrot. Di dekat pintu masuk itu Macaws Parrot yang aku temui adalah Blue & Gold Macaws, Green-Winged Macaws, dan Greet Green Macaws. Sedangkan si Kakatua tadi itu namanya Moluccan Cockatoo. Suara burung Macaw itu keras banget, tetapi menurutku mereka kalem kalau diajak fotoan hehehe.

Galah Cockatoo Bali Bird Park

Galah Cockatoo

Setelah itu aku lanjut berjalan dan melihat burung Jalak Bali atau Bali Myna. Terus kami juga melihat Macaw jenis lain yaitu Hyacinth Macaw. Menurutku ini warnanya bagus banget dah, warnanya yang gelap bener-bener terlihat keren dah. Apalagi jenis burung ini gampang buat di foto, karena ada burung lain yang lincah bergerak jadinya agak susah difoto. Apalagi aku cuma modal kamera smartphone ajah huhuhu. Sebenarnya banyak sekali burung-burung yang aku temui disana, cuma nama-namanya enggak hafal karena saking banyaknya. Secara luas Bali Bird Park itu 2 hektar dengan 1000 burung dan terdiri dari 250 spesies yang berbeda.

Australian Pelican Bali Bird Park

Australian Pelican

Di tengah-tengah terdapat pemandangan bagus yaitu burung Pelican yang banyak. Suara mereka juga keras banget, dan aku juga lihat mereka nyebur ke kolam sambil mencari makanan dan berinteraksi dengan sesama mereka. Kemudian juga ada burung Flamingo, aku lihat sih mereka seolah-olah sedang berdebat hahaha. Lucu deh pokoknya. Bagi yang demen banget foto-foto cocok dah disini.

Kemudian juga ada burung Kakatua yang berwarna pink, yaitu Kakatua Galah atau Galah Cockatoo. Kakatua Galah ini lucu banget. Awalnya si Kakatua ini berada jauh di dalam dan aku panggil. Kakatua Galah itu langsung hinggap di pinggir kandangnya, aku berpikir berkali-kali awalnya untuk menyentuh Kakatua Galah. Mengingat sebelumnya aku di patuk sama Moluccan Cockatoo haha. Tetapi si Kakatua Galah itu langsung menggaruk-garuk kepalanya kemudian menempelkan kepalanya ke pinggir kandang. Uuuhhh sumpah lucu banget, dan aku bantu garuk-garuk kepalanya dan si Kakatua Galah itu menikmatinya. Kemudian aku ajak bernyanyi dan si Kakatua Galah bergerak lucu dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah hahaha. Sumpah lucu banget dan sering aku ajak selfie juga. Sempet di patuk manja juga sama si Kakatua Galah tetapi enggak ngerasa sakit sama sekali kok. Jadi sama si Kakatua Galah ini aman yah hehehe.

Di Bali Bird Park juga bisa fotoan sama burung-burung besar seperti dengan Macaws dan Cockatoos. Tinggal minta tolong kepada petugasnya untuk minta di foto menggunakan kamera pribadi. Kemudian aku juga dapat melihat Burung Nuri atau Lory sedang di beri makan. Burung Nuri sedang memakan buah apel, pengen banget buat megang tetapi aku baru tahu kalau Burung Nuri akan galak ketika dipegang. Jadinya kalau ingin dia hinggap di tangan kita, kita harus memberinya makan. Tetapi kemarin mereka langsung hinggap di kepalaku dan entah apa yang dicari sama mereka. Burung Nuri ini nakal banget, jepitan rambutku di tarik-tarik, rambutku juga, kancing baju, tas, jam, dan terakhir jariku dan sakitttt banget hahaha.

Sekitar pukul 12pm, aku melihat ada pertunjukan di  Bali Starling Restaurant yaitu Meet The Bird Stars. Burung yang terdapat pada pertunjukan adalah Blue-Throated Macaw dan Palm Cockatoo. Semuanya pada antri untuk berfotoan dengan mereka. Aku masih sama, masih rada takut gara-gara si Kakatua Moluccan tadi. Jadinya pas fotoan aku mau sama Macaw yang ceritanya pura-pura mati hahaha. Tapi pada akhirnya aku ikutan juga fotoan sama Palm Cockatoo. Disana juga ada Rumah Toraja yang didalamnya terdapat deretan burung hantu yang keren-keren.

Lalu sekitar pukul 3pm, aku lanjut menonton pertunjukan Basic Instinct, Birds of Prey Show. Bali Bird Park menampilkan seperti burung elang, burung macaw dengan beberapa atraksi. Misalkan burung yang sangat gesit untuk mengambil makanan. Bahkan ada volunteer untuk mempraktikan hal itu, dengan menaruh makanan di atas nampan yang nampannya ditaruh di atas kepala. Ada juga yang langsung menaruh makanan di atas kepala tanpa alas apapun. Pokoknya disana seru deh. Aku disana berada dari jam 11am sampai pukul 4pm. Lumayan juga ya 5 jam disana dan sebenarnya itu belum puas untuk foto-foto. Hehehehe