Sebelumnya aku sudah pernah membuat artikel tentang menikmati akhir minggu di Kemenuh Butterfly Park yang terletak di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Ternyata ada juga Butterfly Park yang berlokasi di Tabanan yaitu Bali Butterfly Park. Bali Butterfly Park berlokasi di Jl. Batukaru, Sandan Lebah, Sesandan, Buruan, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali 82181. Perjalanan yang aku tempuh dari Denpasar menuju ke Bali Butterfly Park kurang lebih 1 jam 30 menit. Tetapi aku dan temanku mampir dulu di Indomaret dekat sana dan kebablasan cerita sana kemari selama 30 menit. Kurang lebih pukul 12.40 kami tiba di Bali Butterfly Park.

Bali Butterfly Park

Bali Butterfly Park Statue

bali butterfly park

Entrance of Bali Butterfly Park

Parkir disana sangat luas dan kebetulan saat berada disana cuaca mendung. Udara sangat sejuk dan tidak ada matahari jadinya nyaman untuk melihat kupu-kupu. Tepat di sebelah parkiran terdapat restoran, jadi enggak perlu khawatir bila sesampai disana ataupun setelah lelah berkeliling bisa langsung menikmati makanan di restoran. Biaya tiket yang dikenakan sebesar IDR 30.000 dan sepertinya itu untuk penduduk lokal Bali.

Bali Butterfly Park

Bali Butterfly Park Statue

Bali Butterfly Park

In Cocoon House

Ketika aku baru masuk, sudah banyak kupu-kupu berterbangan dan susah banget untuk di ambil fotonya. Tempatnya yang lumayan luas dan terdapat beberapa kolam sehingga cocok banget buat wisatawan untuk mengambil foto selfie. Di Bali Butterfly Park juga terdapat rumah kepompong dan kita bisa menemukan ulat, kepompong, dan kupu-kupu yang baru saja lahir. Kita bisa menemukan beberapa kupu-kupu lahir secara tidak sempurna atau cacat. Cacat yang dimaksud seperti sayapnya mengkerut, atau terdapat bagian pada salah satu sayapnya hilang atau tidak ada.

Cethosia Hypsea Butterfly

Cethosia Hypsea Butterfly

bali butterfly park

Cethosia Hypsea Butterfly

Tepat di sebelah rumah kepompong terdapat suatu tangga yang posisinya di tengah taman. Tangga tersebut merupakan jalan buntu tetapi kita berada di posisi tanah yang lebih tinggi dan bisa memotret kupu-kupu yang sedang berterbangan dan hinggap di bunga. Tetapi ingat untuk selalu berhati-hati ya karena tangganya agak licin, apalagi kalau kita naik ditangganya setelah ada hujan.

Bali Butterfly Park

Saturn Butterfly

Eurycnema Blue Stick

Eurycnema Blue Stick

Kita juga bisa menemukan tempat seperti tempat peristirahatan. Kita bisa duduk-duduk disana sambil melihat kupu-kupu, kolam, dan melihat belalang. Belalangnya besar banget, namanya Belalang Kayu Biru. Selain itu juga ada Belalang Daun, Belalang Anggrek, Kalajengking, dan Kumbang Badak Raksasa. Disana ada seorang bapak yang umurnya sudah tua yang selalu stand by disana. Bapak ini yang mendampingi para wisatawan yang penasaran sama Belalang, Kumbang, dan Kalajengking yang dipasang disana. Bapak itu menawarkan untuk meletakkan belalang kayu yang besar itu di tanganku. Aku geli dan ngeri sendiri karena melihat belalang yang besar banget. Jadinya aku meminta biar bapak itu yang menaruh di telapak tangannya dan aku hanya memotret belalangnya.

Bali Butterfly Park

Rest Area in Bali Butterfly Park

bali butterfly park

Rest Area

Lalu kami melanjutkan perjalanan mengelilingi Bali Butterfly Park dan tiba di bagian Museum Kupu-Kupu. Di dalam museum tersebut, banyak sekali jenis-jenis kupu-kupu dan kumbang yang dipajang disana. Souvenir juga di jual disana mulai dari harga IDR 35.000 tergantung jenis souvenir yang akan di beli. Yang menurut ku menarik di museum ini adalah dipajangnya foto-foto kupu-kupu dari beberapa fotografer. Foto-foto yang dipajang sangat cantik, cocok dijadikan background untuk selfie.

In House of Cocoon

Attacus Atlas Butterfly

Attacus Atlas Butterfly

Sekian dulu aku bercerita tentang pengalaman menghabiskan akhir pekan di Bali Butterfly Park. Semoga artikel ini membantu bagi yang akan mengunjungi Bali Butterfly Park atau masih bingung menikmati liburannya dimana. Jangan lupa share dan tinggalkan komentarnya yah πŸ™‚

Cethosia Hypsea Butterfly

Cethosia Hypsea Butterfly

bali butterfly park

Selfie in Museum Bali Buterfly Park

butterfly

Butterfly

bali butterfly park

Selfie in Museum Bali Buterfly Park

Pulchrifolium Leaf

Pulchrifolium Leaf

bali butterfly park

Stair