Bagi yang bakal liburan di Bali, Danau Beratan adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para traveler. Danau Beratan yang terletak di Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Kalau berangkat dari Denpasar kurang lebih akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam. Waktu yang paling tempat untuk datang ke Danau Beratan adalah ketika musim hujan. Selain adem, bakalan ada kabut yang cocok banget untuk pengambilan foto. Tapi jangan lupa ya untuk berhati-hati selama perjalanan ke sana ya karena terdapat beberapa jalan menanjak dan berkabut.

Pura Ulun Danu Beratan Tingkat Tiga

Pura Ulun Danu Beratan Tingkat Tiga

Harga tiket masuk ke Danau Beratan adalah IDR 20.000 untuk dewasa, IDR 15.000 untuk anak-anak, IDR 2.000 untuk biaya parkir motor, IDR 5.000 untuk biaya parkir mobil roda 4, dan IDR 10.000 untuk biaya parkir bus. Tempat wisata ini selalu ramai banget walaupun enggak saat weekend. Tempat ini juga cocok banget untuk spot foto di Bali, karena terdapat pura yang terletak di tengah danau yaitu Pura Ulun Danu Beratan. Pura Ulun Danu Beratan ini memiliki atap yang bertingkat, dimana tingkatan atap tersebut merupakan simbol kepercayaan Hindu terhadap 3 dewa yaitu Dewa Wisnu dengan atap 11 tingkat, Dewa Brahma dengan atap 7 tingkat, dan Dewa Siwa dengan atap 3 tingkat. Pura ini juga pernah di uang kertas nominal IDR 50.000 loh, jadi kalo kita searching di Instagram maupun Google akan nemu beberapa orang yang akan mengambil foto Pura ini dengan uang kertas IDR 50.000.

Danau Beratan

Taman di Danau Beratan

Untuk mengambil foto dengan latar danau maupun pura ini juga rada susah, karena tempat wisata ini ramai banget. Jadi, selain dengan menunggu salah satu tempat agak kosong, ada baiknya datang lebih pagi agar pengambilan fotonya tidak terlalu banyak traveler lain. Jangan lupa untuk membawa kamera, tongsis, dan payung ya. Selain itu, para traveler juga bisa menikmati keindahan Danau Beratan dengan menyewa speed boat. Sekilas info aja, ternyata Danau Beratan memiliki kedalaman 23 meter loh. Dan ada 1 hal lagi yang enggak boleh kelewatan kalau ke sini, yaitu tamannya. Di taman ini kita bisa melihat berbagai jenis bunga lengkap dengan detail namanya. Pokoknya ini cocok banget buat fotoan dan buat instagram kamu makin cakep.

Danau Beratan

Bunga Matahari Putih

Dari Danau Beratan, masih ada tempat wisata yang wajib kamu kunjungi yang masih dekat dengan Danau Beratan. Seperti kebun stroberi yang dapat metik buah stroberi sesuka kita, fotoan di pintu masuk Handara Golf & Resort Bali dengan view yang oke banget, keindahan Danau Buyan dan Tamblingan, dan masih banyak tempat lainnya. Happy traveling guys ! Semoga liburan di Bali kamu menyenangkan yah 🙂