Kali ini aku akan bercerita tentang liburan di Singapura selama 3 hari 2 malam dan ini merupakan liburan di Singapura untuk ketiga kalinya. Berarti kali ini tempat yang aku ingin kunjungi harus terlaksana hehehe. Sebelumnya liburan di Singapura selama 5 hari 4 malam itu terdapat 1 hari yang bener-bener enggak jelas alias rugi. Maka dari itulah, aku kembali lagi untuk liburan di Singapura.

1. Pembelian Tiket Pesawat

Untuk tiket pesawat ini aku beli ketika ada Garuda Indonesia Travel Fair 2017 (GATF 2017) pada tanggal 22 – 24 September 2017 di Lippo Mall Kuta. Biasanya GATF ini memang selalu diadakan di Lippo Mall Kuta. Lebih baik kita memang membeli tiket jauh-jauh hari, seperti aku contohnya 6 bulan sebelum penerbangan. Manfaatkan Travel Fair atau promo online yang diadakan oleh maskapai penerbangan. Jika mau datang ke GATF, siapkan kartu kreditmu untuk membeli tiket dan dapat diubah ke cicilan dengan tenor sesuai pilihan kamu.

2. Booking Hotel

Pertimbanganku untuk booking hotel adalah selain harga dan perubahan tanggal check-in yang fleksibel, yaitu apakah hotel itu dekat dengan MRT atau Bus Station. Daftar hotel bisa di cek di beberapa OTA seperti booking.com, Traveloka, Pegi-Pegi, atau yang lain. Setelah banyak kali pencarian, aku menggunakan booking.com untuk memesan Novotel on Stevens Hotel karena lokasi tidak begitu jauh dari Stevens MRT dan terdapat banyak Bus Station disekitaran hotel. Selain itu, bila ingin melakukan pembatalan juga bisa dilakukan di hari H sampai pukul 6 PM.

Swissotel The Stamford

Room in Swissotel The Stamford

Baca Juga : Trip To Singapore 5D4N Part 1

Tetapi sehari sebelum keberangkatan, aku ganti hotel yaitu Swissotel The Stamford yang terletak di Raffles City Mall dan sangat deket banget dengan City Hall MRT. Waktu mau booking di booking.com setelah cancel yang Novotel on Stevens, harganya dinaikin 2x lipat loh. Padahal sebelumnya aku cek harganya enggak semahal itu. Jadinya aku cek harga lagi seperti di Traveloka, Agoda, dan TripAdvisor dimana harga-harganya semuanya masih normal. Akhirnya aku memesan Swissotel The Stamford Hotel melalui Agoda menggunakan kartu kredit yang langsung di debet saat itu juga.

3. Transportasi Selama di Singapura

Berhubung sebelum-sebelumnya sudah pernah ke Singapura, aku masih menyimpan EZ Link Card untuk pembayaran setiap menggunakan MRT maupun Bus. Apalagi EZ Link Card masih ada sisa saldo dari tahun lalu, setidaknya untuk trip kali ini sangat membantu hehe. EZ Link Card ini bisa di top up sesuai keinginan di mesin top up yang ada di setiap MRT Station. Kamu juga bisa membeli Standart Tourist Pass (STP) sesuai kebutuhan. Tersedia 1 Day, 2 Days, dan 3 Days dengan sistem deposit. Deposit akan dikembalikan ketika kita mengembalikan STP ke loket pembelian. Pembelian STP bisa dilakukan di Changi MRT Station (CG2) yang terletak di Terminal 3 Changi Airport.

4. Komunikasi atau Internet

Untuk internet, aku memesan 1 sim card lokal Singapura melalui Traveloka. Kenapa cuma 1 sim card aja? Karena dengan membeli 1 tourist sim card sudah mendapatkan kuota sebesar 100 GB. Jadi kuota ini bisa kita bagi menggunakan personal hotspot ya. Atau alternatif lainnya bisa juga sewa portable wifi. Untuk provider disana yang aku tahu seperti SingTel dan M1. Tahun 2018 aku coba pakai M1, tahun 2017 aku coba pakai Singtel. Tapi inget, kalau memesan M1 Tourist Sim Card, siap-siap ketemu sama orang yang jaga stand M1 Sim Card nya juteeekkkk banget. Cukup tunjukkan bukti pemesanan dan paspor untuk mendapatkan sim card nya yah.

m1 tourist sim card

M1 Tourist Sim Card

5. Tiket Atraksi / Wisata

Untuk pembelian tiket atraksi atau ke beberapa tempat wisata bisa di beli langsung dari Indonesia. Banyak OTA yang menyediakan penjualan tiketnya, tetapi yang aku pakai seperti biasa Traveloka. Kebetulan membeli tiket waktunya kurang, jadi enggak sempet ngebandingin dengan OTA yang lain. Tiket-tiket yang aku beli seperti Jurong Bird Park, Gardens By The Bay (Flower Dome + Cloud Forest), dan Marina Bay Sands.

6. Keberangkatan

Untuk keberangkatan, ceritanya masih sama seperti tahun lalu. Jam take off 07.20 AM. Penerbangan kali ini hampir full, enggak kaya tahun lalu yang agak sepi. Pagi itu hujan deras dan delay tapi enggak terlalu lama. Selama penerbangan kerjaan cuma tidur doang karena emang kurang tidur. Inget bagi yang punya gangguan telinga, banyak-banyak bawa permen ya biar saat take off dan landing telinganya enggak sakit. Disamping itu bawa botol kosong yang kapasitasnya sesuai kebutuhan, karena setelah tiba di gate kamu bisa isi botol kosong dengan air secara gratis. Banyak makan permen kan butuh air biar enggak seret hehehe.

Baca Juga : Trip to Yogyakarta Part 2

7. Kedatangan di Changi Intl Airport

Setelah turun dari pesawat dan tiba di Terminal 3, hal yang musti di cari adalah wifi gratis. Ke bagian informasi juga jalannya lumayan lama sekitar 15 menit. Di dekat Informasi (sebelum imigrasi). Cukup scan paspor dan mendapatkan password untuk login. Tujuan butuh internet gratis agar bisa buka Traveloka untuk nunjukin bukti pemesanan sim card. Kemudian lewat imigrasi, pengambilan bagasi, dan melewati bagian jalur hijau (Nothing to Declare). Ambil brosur-brosur yang ada untuk membantu selama jalan-jalan di Singapura.

8. Check-In di Swissotel The Stamford

Untuk check-in ke Swissotel The Stamford, berangkat dari Changi Airport Station menuju City Hall Station. Ambil jalur keluar yang menuju Raffles City Mall, kemudian hanya butuh berjalan selama 4 menit dan tiba di lobby hotel. Service hotel ini sangat memuaskan banget dah, dan juga ada beberapa staff yang bisa berbahasa Melayu. Waktu itu menunggu hampir 2 jam, istirahat sambil searching entarnya mau kemana aja.

9. Tempat-Tempat yang di Kunjungi

Untuk beberapa tempat yang dikunjungi kali ini memang terbilang sedikit. Kenapa? Selain waktunya memang kurang, aku dan Ibu lelah jalan kesana kemari. Selain itu beberapa tempat memang sudah aku kunjungi tahun lalu. Untuk hari pertama, aku mengunjungi Orchard lagi. Kelilingin Wisma Atria, Ion Orchard, dan Paragon. Setelah itu kami cari bus untuk ke Helix Bridge, The Shoppes at Marina Bay Sands, dan Marina Bay Sands Sky Park Observation Deck. Hari kedua ke Raffles City Mall, Jurong Bird Park, Jurong Point Shopping Mall, Gardens by The Bay yaitu Flower Dome dan Cloud Forest, dan Chinatown. Hari ketiga ke Chinatown lagi buat beli oleh-oleh, Starbucks Reserve Terminal 3 Changi Airport, dan Butterfly Garden Terminal 3 Changi Airport. Semua akan dibahas di bagian 2 yah 🙂